NEWS

BPKH Gelar Program Balik ke Jakarta Gratis, Ini Syarat dan Cara Daftar

123,8 juta orang diprediksi akan mudik pada musim Lebaran.

BPKH Gelar Program Balik ke Jakarta Gratis, Ini Syarat dan Cara DaftarSejumlah penumpang memasuki Kereta Api (KA) Sancaka di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur, Minggu (1/5). (ANTARAFOTO/Didik Suhartono)
11 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar program Balik Kerja Bareng untuk mengajak pemudik kembali ke Jakarta secara gratis. Program ini bakal digelar pada 29–30 April 2023 dengan target masyarakat yang ikut mencapai 2.650 orang. 

"Nanti akan ada tiga titik keberangkatan, yakni Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Ada 60 bus eksekutif yang disediakan," ujar Kepala BPKH, Fadlul Imansyah, dalam keterangannya, Selasa (11/4). 

Fadlul menyebut program Balik Kerja Bareng diadakan karena jumlah pemudik tahun ini diprediksi mencapai 123,8 juta orang atau menjadi yang terbesar setelah pandemi Covid-19 berakhir. Sehingga, BPKH memutuskan membuat program untuk membantu masyarakat kembali ke Jakarta untuk bekerja. 

Mengenai alasan dipilihnya ketiga kota tersebut sebagai titik keberangkatan, karena menurut data yang dihimpun BPKH, tujuan mudik terbanyak nantinya akan ada di Jawa Tengah dengan 32,7 juta orang, Jawa Timur 24,6 juta orang, dan Yogyakarta 5,9 juta orang. 

Cara mendaftar BPKH

Ada 60 bus eksekutif yang disediakan untuk mengangkut 2.650 orang, terdiri dari 1.450 orang pada hari pertama dan 1.200 orang pada hari kedua. Bagi yang berminat untuk ikut program ini, maka dapat mendaftar secara online melalui laman http://bit.ly/BalikKerjaBPKH2023.

Pendaftaran dibuka pada 10–20 April 2023. Namun, jika kuota sudah terpenuhi sebelum batas akhir pendaftaran, maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu.

Syarat pendaftaran

Berikut syarat dan ketentuan pendaftaran program Balik Kerja Bareng BPKH 2023:

  • Calon pemudik adalah seorang yang dapat menunjukkan kartu karyawan/karyawati/pekerja atau identitas lain yang dapat membuktikan memiliki pekerjaan atau usaha di Jabodetabek
  • Calon pemudik balik belum mendaftar di program mudik balik dari instansi mana pun
  • Wajib mengisi data diri yang sebenar-benarnya dan sesuai dengan dokumen yang dilampirkan
  • Peserta mendaftarkan anggota keluarganya maksimal 3 orang (atau total jumlah dalam 1 formulir adalah 4 orang, balita terhitung 1 kursi)
  • Formulir wajib diisi oleh calon pemudik dan tidak dapat diwakilkan
  • Registrasi ulang dapat dilakukan di kantor perwakilan DT Peduli dan BMM di kota tempat keberangkatan arus balik pemudik balik balita atau anak wajib melampirkan Kartu Identitas Anak (KIA) atau akta kelahiran atau Kartu Keluarga (KK) yang tercantum nama pemudik balita
  • Calon pemudik balik dewasa sudah menjalani vaksin booster Covid-19

Program Balik Kerja Bareng BPKH bersifat gratis dan tidak dipungut biaya apa pun. 

Peserta yang ikut program ini akan mendapatkan kaus dan suvenir pada saat keberangkatan, serta snack dan makan 1 kali. Penumpang juga akan dilengkapi dengan asuransi perjalanan.

 

Related Topics