Comscore Tracker
NEWS

DPR Usul Bappebti Dibekukan Sementara, Ini Kata Wamendag

Bappebti punya tugas berat untuk edukasi dan mengawasi PBK.

DPR Usul Bappebti Dibekukan Sementara, Ini Kata WamendagWakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjadi pembicara utama pada Diskusi Crypto Terkini (DCT) di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (28/3/2022). ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj.

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga buka suara mengenai usulan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ihwal pembekuan sementara Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Ia mengatakan Bappebti punya peran signifikan terutama dalam mengedukasi dan meningkatkan literasi masyarakat di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK). Dengan potensi transaksi yang di besar, ia menekankan pentingnya konsep 7P sebelum masyarakat berinvestasi di bidang PBK.

“Hendaknya masyarakat mengingat 7P, yaitu pelajari latar belakang perusahaan, pelajari tata cara transaksi dan penyelesaian perselisihan, dan pelajari kontrak berjangka yang diperdagangkan. Selanjutnya pelajari wakil pialang PBK yang berizin dari Bappebti, pelajari dokumen perjanjian, pelajari risiko, dan pantang percaya pada janji-janji keuntungan yang tinggi,” ujar Jerry dalam keterangannya, Jumat (27/5).

Dia menambahkan, Bappebti akan terus menggencarkan edukasi tentang tata cara berinvestasi yang benar dan aman, mekanisme transaksi, peraturan-peraturan terkait, hingga risiko berinvestasi dan tata cara penyelesaian masalah. Terlebih saat ini banyak beredar situs web maupun aplikasi yang menawarkan investasi kepada masyarakat, tapi tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Nilai transaksi aset kripto meningkat

Menurutnya, perdagangan fisik aset kripto merupakan salah satu komoditi yang sangat diminati masyarakat akhir-akhir ini. Bappebti mencatat, data transaksi PBK pada triwulan I-2022 menunjukkan jumlah 4.747.922 lot atau naik 46,47 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021 yang sebesar 3.241.650 lot.

Perkembangan transaksi aset kripto juga sangat pesat. Hal itu terlihat dari nilai transaksi pada 2021 sebesar Rp859,4 triliun atau naik 1.224 persen dibandingkan 2020 yang tercatat mencapai Rp64,9 triliun. Selain itu, dapat pula terlihat dari transaksi tiga bulan pertama (Januari— Maret) pada 2022 yang telah mencapai Rp130,2 triliun.

Selain itu, rata-rata kenaikan pelanggan aset kripto mengalami penambahan sebesar 740.523 pelanggan tiap bulan. Hingga Maret 2022, aset kripto di Indonesia tercatat memiliki 12,8 juta pelanggan.

Pada industri PBK, masyarakat dapat menginvestasikan sebagian dana yang menganggur (idle fund) dan dikelola perusahaan pialang berjangka yang telah terdaftar resmi di Bappebti.

DPR minta Bappebti dievaluasi

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VI dari Fraksi PDI-Perjuangan, Aria Bima, mengusulkan Bappebti dibekukan sementara. Hal itu agar Kementerian Perdagangan dapat melakukan audit kinerja secara menyeluruh.

“Kita akan meminta kepada Menteri Perdagangan untuk membekukan sementara Bappebti agar dapat melakukan audit kinerja menyeluruh terhadap sistemnya, regulasinya dan mungkin juga sumber daya manusianya," kata Aria Bima dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Bappebti, Rabu (25/5).

Selama pembekuan sementara, Aria Bima berharap Kementerian Perdagangan dapat mengevaluasi pelayanan terhadap masyarakat dan mengembalikan tujuan dibentuknya Bappebti. Salah satunya yakni untuk mengawasi komoditas berjangka pasar keuangan agar tak ada penyimpangan. Sebab, saat ini marak masyarakat yang merasa dirugikan dalam aset kripto ini.

Related Articles