NEWS

Menhub Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis Tahun Depan

Mudik gratis dinilai berhasil menurunkan angka kecelakaan.

Menhub Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis Tahun DepanSejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp.
24 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Perhubungan mengatakan akan menambah jumlah kuota mudik gratis tahun depan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa program mudik gratis tahun ini berhasil menekan angka kecelakaan pengendara roda dua saat melakukan mudik.

"Jumlah pemudik motor kemarin turun. Turunnya juga berbanding lurus dengan kecelakaan, karena lebih dari 50 persen kecelakaan itu motor," kata Budi di hadapan Komisi V DPR yang disiarkan secara virtual, Rabu (24/5).

Untuk itu pihaknya tahun depan berencana akan menambah kuota mudik gratis dengan memberikan subsidi bus, kereta api, dan angkutan laut.

"Ini bermakna bagi masyarakat. Kami berniat menambah alokasi mudik bersama," ujar Budi.

Berkoordinasi dengan seluruh stakeholder

Budi juga mengatakan pemerintah menempatkan posko lapangan untuk memantau arus mudik dan arus balik Lebaran melalui kerja sama dengan berbagai pihak seperti TNI dan Polri.

Bahkan, menurutnya proses tersebut membuat pihaknya sampai 'tidur ayam' atau tidur dengan waktu yang singkat.

"Apa yang kita lakukan ini mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Adapun kapasitas mudik gratis tahun ini adalah 81.236 penumpang dan 16.040 sepeda motor.  

Terdapat 15 penyelenggara mudik gratis dengan kapasitas total 200.067 penumpang. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelontorkan anggaran hingga Rp20 miliar untuk menyelenggarakan mudik gratis.

Berdasarkan data Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, terdapat 1.457 kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang terjadi selama arus mudik Lebaran periode 18-23 April 2023.

Angka itu berkurang dibandingkan dengan jumlah kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2022 yang mencapai 1.789 kasus. Jumlah laka lantas Operasi Ketupat Tahun 2023 pun mengalami penurunan 19 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Related Topics