NEWS

Mudik Gratis Kemenhub 2023 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Dapat Tiketnya

Kemenhub membuka program mudik gratis 2023.

Mudik Gratis Kemenhub 2023 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Dapat TiketnyaSejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang membawa pemudik menunggu jadwal keberangkatan di Terminal tipe A Batoh, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (23/4). (ANTARAFOTO/Irwansyah Putra)
13 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar Mudik Gratis 2023 untuk moda transportasi darat dengan bus. Program ini mulai dibuka pendaftarannya pada 13 Maret 2023 pukul 14.00 WIB dengan jumlah kuota terbatas. 

Melalui unggahan akun Instagram @kemenhub151, Kemenhub menjelaskan pendaftaran program mudik gratis moda bus berlangsung pada 13 Maret–14 April. Pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi. 

Ada daftar 28 kota tujuan mudik gratis Kemenhub tahun ini. Pertama, di Jawa Barat ada Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kedua, di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta. 

Ketiga, untuk daerah Jawa Timur ada Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, dan Tulungagung. Keempat, tujuan Sumatra ada Lampung dan Palembang.

Syarat daftar mudik gratis Kemenhub 2023

Ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui Anda yang ingin mengikuti program mudik gratis dari Kemenhub:

  1. Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP/SIM/KK).
  2. Peserta hanya bisa memilih 1 kota tujuan mudik.
  3. Bila peserta akan mengikuti mudik-balik/PP, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan pada saat mendaftar arus mudik (dengan catatan, kota tujuan mudik yang dipilih ada pilihan kota arus balik dan peserta hanya bisa ikut arus balik sesuai dengan kota tujuan arus mudik).
  4. Peserta hanya diberikan waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/validasi ulang pada posko yang telah ditentukan.
  5.  Jika lewat H+7 peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/hangus (kuota akan otomatis bertambah), dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK diblok oleh sistem).
  6. Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor wajib membawa kelengkapan surat kendaraan, dan menyerahkan motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 sebelum tanggal seremonial bus.
  7. Peserta dalam keadaan sehat lahir-batin pada saat keberangkatan arus mudik/balik.
  8. Peserta wajib datang minimal 1 jam sebelum jam keberangkatan.

Cara mendaftar Mudik Gratis Kemenhub 2023 moda bus

Masih merujuk informasi yang telah dibagikan Kemenhub, pendaftaran program Mudik Gratis Kemenhub 2023 hanya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi MitraDarat. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara daftar/login di aplikasi:

  1. Unduh aplikasi "MitraDarat" via PlayStore atau AppStore
  2. Lakukan pendaftaran atau masuk akun dengan klik tombol "Login"
  3. Masukan alamat e-mail atau masuk dengan akun Google
  4. Masukan nomor telepon (WhatsApp)
  5. Masukan kode OTP yang dikirimkan ke nomor didaftarkan
  6. Login berhasil akan tampil di Dashboard aplikasi MitraDarat

Setelah berhasil login ke aplikasi MitraDarat, pengguna dapat memesan Tiket Mudik Gratis Kemenhub 2023. Begini caranya:

  1. Klik icon “Mudik Gratis”
  2. Pilih titik keberangkatan dan tujuan mudik
  3. Pilih armada mudik yang sesuai
  4. Isi identitas data penumpang
  5. Klik tombol “Selesaikan Pesanan” Nantinya, apabila pendaftaran mudik gratis berhasil, maka langkah selanjutnya adalah mendatangi lokasi Posko Validasi Ulang dan penyerahan serta keberangkatan sepeda motor arus mudik.

     

Related Topics