NEWS

PLN Siapkan 10 Ribu Tiket Mudik Gratis, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Mudik gratis ini akan diberangkatkan pada 18 April 2023.

PLN Siapkan 10 Ribu Tiket Mudik Gratis, Ini Syarat dan Cara DaftarnyaIlustrasi Mudik Bersama PLN 2023
30 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT PLN (Persero) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar kegiatan mudik gratis pada Lebaran tahun ini.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan 10.000 kuota peserta akan tersedia untuk kesempatan kali ini. Jumlah tersebut diharapkan mampu membantu pelanggan PLN di sekitar Jabodetabek dan beberapa kota besar yang ingin pulang kampung.

"Mudik gratis merupakan agenda tahunan perseroan. Ini merupakan wujud kepedulian kami untuk pelanggan PLN yang ingin mudik dan berkumpul dengan keluarga merayakan hari raya bersama," kata Darmawan dalam keterangannya, Kamis (30/3).

Darmawan menjelaskan mudik bersama ini akan mengalihkan pengguna kendaraan pribadi khususnya sepeda motor ke kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan. 

"Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, program mudik gratis ini bertujuan untuk menyediakan moda transportasi umum yang aman, sehingga risiko kemacetan dan kecelakaan saat mudik bisa berkurang," ujarnya.

Waktu pendaftaran Mudik Bersama PLN 2023

Pendaftaran Mudik Gratis Bersama PLN 2023 bisa dilakukan hanya melalui aplikasi PLN Mobile. Pendaftaran dibuka untuk dua tahap: tahap I pada 29–31 Maret 2023, dan tahap II pada 5–7 April 2023.

Keberangkatan tidak hanya difokuskan pada Jabodetabek, tapi juga dari Bandung, Surabaya dan Bali.

Khusus dari Jabodetabek, tanggal keberangkatannya 18 April 2023, dengan tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandar Lampung, dan Palembang.

Cara pendaftaran Mudik Bersama PLN 2023

Berikut mekanisme pendaftaran peserta Mudik Bersama PLN 2023:

1. Peserta belum pernah mendaftar program mudik gratis di Kementerian BUMN atau instansi mana pun.

2. Pendaftaran melalui PLN Mobile. Peserta wajib mengisi data diri sesuai KTP (untuk individu) dan KK (untuk keluarga). Satu KK maksimal empat orang.

3. Setiap peserta harus mentransfer uang jaminan Rp100.000 per kepala, yang akan dikembalikan menjelang keberangkatan. Namun, uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan niatnya.

4. Pemudik balita dihitung 1 kursi dan wajib melampirkan akta kelahiran.

5. Tahapan pendaftaran akan ditutup ketika kuota telah terpenuhi.

Jika kuota terpenuhi maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu dan akan diumumkan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Related Topics