NEWS

Tarif Taksi Bluebird Reguler dan Listrik Naik di 2024, Segini Jadinya

Tarif taksi ini berlaku untuk wilayah Jabodetabek.

Tarif Taksi Bluebird Reguler dan Listrik Naik di 2024, Segini JadinyaShutterstock/Javaistan
by
26 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Blue Bird Tbk atau Bluebird Group (BIRD) mengumumkan penyesuaian tarif untuk taksi regular dan taksi listriknya pada 2024.

Kenaikan tarif ini berlaku untuk taksi yang beroperasi untuk wilayah wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Bluebird Group senantiasa berupaya menyediakan kualitas layanan yang semakin aman, nyaman, dan tepercaya di setiap kilometer yang ditempuh bersama Bluebird,” tulis pengumumannya yang dikutip dari laman resmi Bluebird Group, Jumat (26/1).

Untuk tarif taksi reguler yang diberlakukan pada 2024, biaya awal ketika buka pintu adalah Rp9.000 dari sebelumnya Rp8.500.

Sedangkan untuk tarif per kilometer taksi reguler, perusahaan menerapkan besaran berbeda bergantung pada jarak tempuhnya.

Untuk tarif perjalanan kurang dari 10 kilometer akan dikenakan Rp6.000 per kilometer. Kemudian untuk jarak 10 sampai 30 kilometer akan dikenakan tarif Rp5.200 per kilometer. Dan, perjalanan lebih dari 30 kilometer akan dikenakan tarif Rp5.000 per kilometer.

Pada April 2023, tarif taksi reguler berlaku Rp5.400 per kilometer flat.

Sedangkan tarif taksi listrik yang menggunakan unit BYD atau Toyota Prius, pelanggan akan dikenakan tarif buka pintu Rp10.000. Kemudian untuk tarif per kilometer untuk jenis ini flat Rp6.300 dari sebelumnya pada April 2023 dikenakan Rp5.900.

Bluebird Group investasi di IKN

Sebelumnya, Bluebird Group resmi memulai investasi senilai Rp250 miliar untuk mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono, mengatakan investasi ini adalah bagian dari upaya perusahaan untuk menghadirkan solusi mobilitas yang berkelanjutan. 

“Bluebird Group memiliki visi keberlanjutan 50:30 yang bertujuan menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Hal ini sejalan dengan konsep pembangunan IKN sebagai smart forest city,” kata dia dalam acara peresmian, Kamis (21/12).

Investasi Bluebird akan digunakan untuk pengembangan sistem transportasi yang lebih ramah lingkungan yang meliputi pengadaan bus rapid transit listrik (layanan bus perkotaan), taksi listrik, mobil rental listrik, bus jurusan IKN–Balikpapan, serta sarana pendukung lainnya, seperti halte, park and ride, transfer point, depo, dan charging point yang semuanya akan dikelola secara terintegrasi menggunakan teknologi pintar.

Nantinya, kemudahan dan kenyamanan mobilitas penduduk IKN akan didukung oleh Bluebird dengan investasi taksi listrik hingga 100 unit, armada mobil rental listrik hingga 50 unit, armada bus jurusan IKN-Balikpapan hingga 10 unit, charging point, dan depo.

Sedangkan untuk kontribusi meliputi layanan bus perkotaan listrik hingga 40 unit, halte hingga 53 titik, 1 transfer point (bus interchange station), dan 2 park and ride.

Related Topics