NEWS

Cara Cek NISN Siswa dengan Mudah untuk Mendaftar Sekolah

NISN adalah kode pengenal identitas siswa.

Cara Cek NISN Siswa dengan Mudah untuk Mendaftar SekolahSejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka di SDN Pondok Labu 14 Pagi, Jakarta Selatan, Senin (30/8).(ANTARAFOTO/Sigid Kurniawan)
02 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Saat mendaftar ke sekolah lanjutan, Anda harus mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Cara mengecek NISN sebenarnya sangat mudah melalui internet. Namun, hal ini kerap tidak diketahui oleh para siswa atau orang tua siswa. 

Nomor Induk Siswa Nasional sendiri merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Mengutip situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), sistem pengelolaan NISN dilakukan secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK. Ia merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./). 

Lantas bagaimana cara mengecek NISN? Berikut ulasannya:

Cara Cek NISN

Untuk mengetahui nomor induk siswa nasional atau NISN, Anda bisa masuk langsung ke laman resmi NISN Data Kemendikbud.

Langkah pertama, buka laman resmi situs NISN pada tautan https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama

Jika membuka melalui desktop, tampilan muka tersebut akan langsung menunjukkan form pencarian pada bagian sebelah kiri.

Selanjutnya pada form pencarian nama masukkan “Nama”, “Tempat Lahir”, “Tanggal Lahir”, “Nama Ibu” Kemudian centang pada kotak verifikasi “I’m not a robot”.

Selanjutnya klik “Cari Data” untuk mencari informasi terkait nomor induk siswa nasional atau NISN.

Tujuan dan nanfaat

Pengelolaan NISN memiliki tujuan dan manfaat sebagai berikut

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Related Topics