NEWS

Daftar Bantuan yang Ditambah Pemerintah Karena PPKM Darurat

Anggaran program Perlinsos bertambah jadi Rp187,84 triliun.

Daftar Bantuan yang Ditambah Pemerintah Karena PPKM DaruratANTARA FOTO/Maulana Surya
10 August 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah menambah program perlindungan sosial (Perlinsos) kepada masyarakat di tengah penerapan PPKM Darurat. Bantuan diberikan dalam bentuk subsidi listrik, sembako, hingga uang tunai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tambahan program tersebut membuat alokasi anggaran Perlinsos tahun ini naik dari Rp153,86 triliun menjadi Rp187,84 triliun. "Ini untuk berbagai tambahan bagi bantuan sosial," ujarnya dalam konferensi pers virtual Evaluasi Penerapan PPKM Darurat, Minggu (19/7).

Berikut daftar program Perlinsos yang diberikan pemerintah menyusul diterapkannya PPKM Darurat:

Program Keluarga Harapan (PKH)

Program dengan total anggaran Rp27,31 triliun itu diberikan kepada 10 juta keluarga tiap bulan selama 12 bulan. Dengan asumsi rata-rata anggota keluarga berjumlah 4 orang, berarti ada sekitar 40 juta orang yang menerima manfaat program tersebut.

Sri Mulyani menuturkan jumlah bantuan dalam program PKH berbeda-beda tergantung dari komposisi tiap keluarga. Jika anggota keluarga memiliki ibu hamil, maka akan mendapat bantuan sebesar Rp3 juta per tahun atau Rp750 ribu per triwulan. Jumlah bantuan tersebut berlaku pula untuk keluarga yang memiliki balita.

Kemudian jika memiliki siswa SD, akan mendapat bantuan Rp900 ribu per tahun atau Rp125 ribu per triwulan. Sementara untuk SMP diberikan Rp1,5 juta per tahun atau Rp750 ribu per triwulan dan SMA Rp3 juta per tahun atau Rp500 ribu per triwulan.

Terakhir, untuk keluarga yang memiliki lansia dan penyandang disabilitas, masing-masing akan mendapat tambahan Rp2,4 juta per tahun atau Rp600 ribu per triwulan.

"Apakah ada Ibu hamil, anak sekolah, anak usia dini, atau punya anggota lansia dan difabel akan diberikan berbeda sesuai dengan kondisi keluarganya. Namun 10 juta keluarga yang rentan ini diberikan bantuan langsung per alamat, sesuai nama kelapa keluarga dan per account numbernya," jelas Sri Mulyani.

Kartu Sembako

Program Kartu Sembako diberikan kepada 18,8 juta keluarga di mana 10 juta di antaranya merupakan penerima manfaat program PKH. Tiap keluarga pemegang Kartu Sembako akan diberikan bantuan Rp200 ribu per bulan selama 12 bulan Januari-Desember. 

Khusus untuk Juli dan Agustus tahun ini, pemerintah menambah anggaran Kartu Sembako sebesar Rp200 ribu per bulan ke masing-masing kepala keluarga penerima manfaat. Sehingga pada dua bulan tersebut, bantuan kartu sembako yang diterima per keluarga masing-masing sebesar Rp400 ribu.

Dengan adanya tambahan tersebut, total alokasi anggaran untuk program Kartu Sembako naik dari Rp42,37 triliun menjadi RpRp49,89 triliun.

Related Topics