NEWS

Daftar Negara Pertama di Dunia

Definisi kelahiran suatu negara bisa jadi perdebatan.

Daftar Negara Pertama di Duniailustrasi Mesir (pexels.com/David McEachan)
13 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Ilmu sejarah di bangku sekolah mungkin tidak pernah mengajarkan para siswanya tentang negara pertama yang muncul di dunia. Karena itu, rasa penasaran tentangnya kerap kali memunculkan pertanyaan. Masalahnya, mempertahankan negara hingga berumur ribuan tahun bukan perkara mudah. Sejarah pun mencatat bahwa negara adidaya seperti Uni Soviet, yang memegang peran penting semasa perang dunia II, bisa runtuh dan terpecah menjadi 25 wilayah yang lebih kecil (15 di antaranya menjadi negara).

Pun demikian, sejumlah negara terbukti lolos dari berbagai mala dan telah teruji oleh waktu. Meski batas negara, pemerintah yang berkuasa, dan ibu kotanya berubah-ubah, negara-negara ini bertahan dan menjadikannya negara tertua di dunia.

Lantas, mana saja yang masuk dalam daftar negara pertama di dunia?

Mengutip World Population Review, langkah pertama dalam menentukan negara tertua di dunia adalah menentukan dengan tepat apa yang memenuhi syarat sebagai sebuah negara. Negara-kota awal seperti Ur, Uruk, Athena, Roma, dan Chichen Itza sangat kuat dan berpengaruh pada masanya, tetapi mereka bukanlah negara seperti yang kita anggap saat ini.

Demikian pula kekaisaran luas yang sering menaklukkan dan menghubungkan negara-kota ini, seperti Kekaisaran Romawi di Eropa dan Dinasti Han di Asia, yang juga tidak dapat dianggap sebagai negara. Namun, negara-negara dapat lahir dari sisa-sisa kekaisaran yang runtuh.

Kemudian, hal yang perlu diperhatikan sebelum mengurutkan negara pertama di dunia adalah mencari tahu  usia suatu negara berdasarkan tanggal. Hal ini takkan mudah, khususnya jika berkenaan dengan negara-negara dengan peradaban lebih tua: momentum apa yang dapat membuatnya disebut secara resmi sebagai negara?

Mesir, misalnya, bisa memantik perdebatan. Apakah ia berdiri pada 1922 ketika Inggris mengakuinya sebagai negara merdeka? Atau dimulai pada 969, ketika Kekhalifahan Fatimiyah menaklukkan wilayah tersebut dan mendirikan ibu kota Kairo?

Atau, mungkinkah ia bisa disebut negara sejak 3100 SM, ketika firaun pertama menyatukan Mesir dan menciptakan Dinasti Pertama?

Demikian pula dengan Cina, atau yang dikenal sebagai Republik Rakyat Tiongkok (RRT) saat ini. Sebagai tempat kelahiran salah satu peradaban tertua di Bumi, dengan bukti tulisan awal yang berasal dari 7000 SM dan catatan tertulis tentang pemerintahan berskala besar sejak 2070 SM, tidak mudah menentukan pada tahun berapa Cina dianggap sebagai negara.

Terlebih, sejarah awal Tiongkok sesak dengan kisah serangkaian dinasti yang satu panglima perang atau kerajaannya akan menaklukkan wilayah tersebut, kemudian ditaklukkan oleh yang lain secara bergantian, dengan wilayah tersebut sering terpecah menjadi kerajaan-kerajaan kecil. Dengan demikian, pemerintah yang berkuasa dan perbatasan geografis Tiongkok berada dalam keadaan yang terus berubah selama ribuan tahun.

Lantaran itu pula, banyak sejarawan akan mengatakan bahwa negara yang disebut Cina baru lahir pada 1911-1912 ketika dinasti feodal terakhir digantikan oleh republik modern.

Karena skenario yang rumit seperti ini, daftar negara tertua mana pun berubah secara signifikan tergantung pada bagaimana seseorang mendefinisikan kelahiran suatu negara. Misalnya, jika Anda menganggap awal suatu negara sebagai tanggal dengan bukti paling awal dari pemerintahan yang terorganisir, daftarnya terlihat seperti di bawah ini. Berikut 5 negara tertua di dunia berdasarkan tanggal pemerintahan terorganisir paling awal yang diketahui:

Mesir

Mesir merupakan tempat bertumbuhnya peradaban kuno yang merupakan negara pertama di dunia. Meski penentuan pendiriannya sebagai negara masih dapat diperdebatkan, peradaban Mesir kuno telah ada sejak 6000 SM. 

Ini terlihat dari sejumlah sumber yang menyebutkan pemburu-pengumpul yang kala itu tinggal di kawasan Sungai Nil. Baru pada 3100 SM dinasti pertama muncul di Mesir dan menjadikan negara ini sebagai negara tertua. 

Mesir didirikan oleh seorang pemimpin bernama Raja Narmer. Ia membangun ibukota di Memphis, kini dekat Kairo. Selain itu, peradaban Mesir modern terbentuk pada 1953 setelah terjadinya Revolusi Mesir pada 1952.

Iran

Iran dianggap sebagai salah satu negara pertama di dunia. Di Barat, peradaban Iran kuno dikenal sebagai Persia. Peradaban tersebut berdiri sekitar 550 SM. Ketika itu, Cyrus the Great atau Cyrus II membangun Kekaisaran Persia setelah mencaplok Babilonia, Media, dan Ludia. Kekaisaran Persia ada sampai 330 SM dan runtuh di tangan Alexander Agung. Pada 1979, peradaban modern Iran muncul setelah Revolusi Iran menghentikan sistem monarki dan mengembangkan bentuk negara republik Islam.

Related Topics