NEWS

Erick Thohir Pangkas Jumlah Direksi Angkasa Pura I

Faik Fahmi kembali diangkat sebagai Dirut AP I.

Erick Thohir Pangkas Jumlah Direksi Angkasa Pura IMenteri BUMN, Erick Thohir. (Tangkapan layar)
14 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memangkas jumlah direksi PT Angkasa Pura I (AP I) dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Senin (12/12). Perubahan ini juga telah disetujui PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku pemegang saham AP I. 

Persetujuan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-287/MBU/12/2022 dan keputusan Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Nomor KEP.INJ.01.01/23/12/2022/A.0036 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi PT Angkasa Pura.

Kini jumlah direksi perseroan mengalami perampingan dari sebelumnya ada delapan menjadi enam. Dalam surat tersebut, Faik Fahmi juga tetap diberikan mandat sebagai Direktur Utama AP I.

Selain menetapkan kembali Faik Fahmi sebagai Direktur Utama, Surat Keputusan tersebut juga mengatur tentang penataan susunan keanggotaan Direksi Angkasa Pura I, dengan melakukan pemberhentian M. Arifin Firdaus sebagai Direktur SDM dan Umum, serta Devy Suradji sebagai Direktur Pemasaran dan Pelayanan.

Vice President Corporate Secretary AP I, Rahadian D. Yogisworo, menyatakan optimistis atas perubahan susunan direksi.

"Dengan adanya perubahan ini, organisasi di Angkasa Pura I lebih ramping dari sebelumnya 8 direksi menjadi saat ini hanya 6 direksi," kata Rahadian dalam keterangannya, Selasa (13/12).

Susunan direksi baru AP I

Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan efektivitas kepengurusan perusahaan, pemegang saham melakukan perubahan nomenklatur jabatan dan pengalihan tugas anggota direksi.

Pertama, mengalihtugaskan Dendi Tegar Danianto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha menjadi Direktur Komersial dan Pelayanan. Kemudian, mengalihtugaskan Israwadi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Kepatuhan, Aset, dan Pengadaan menjadi Direktur Human Capital.

Berikut susunan Direksi PT Angkasa Pura I:

  1. Direktur Utama: Faik Fahmi
  2. Direktur Operasi: Wendo Asrul Rosa
  3. Direktur Teknik: Lukman F. Laisa
  4. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Yudi Rizkyardie Darun
  5. Direktur Human Capital: Israwadi
  6. Direktur Komersial dan Pelayanan: Dendi Tegar Danianto

Related Topics