NEWS

Garuda Indonesia Mulai Penerbangan Umrah via Kertajati

Penerbangan umrah Garuda via Kertajati seminggu sekali.

Garuda Indonesia Mulai Penerbangan Umrah via KertajatiGaruda Indonesia. (dok. Garuda Indonesia)
07 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia resmi membuka rute penerbangan umrah dari Bandara Internasional Kertajati, Majalengka. Penerbangan langsung tersebut dilayani melalui rute penerbangan Kertajati-Jeddah pergi-pulang (pp) dan dioperasikan dengan armada B777-300 ER.

Pada penerbangan perdana tersebut, Garuda mengangkut sedikitnya 370 calon jemaah ke Jeddah. Penerbangan Kertajati-Jeddah pp dilayani satu kali tiap minggunya, yaitu Minggu dan dioperasikan dengan GA 902 yang diberangkatkan dari bandara internasional Kertajati pada pukul 11.40 WIB dan tiba di bandara internasional King Abdul Aziz pada pukul 17.30 LT.

Sementara itu, penerbangan dari Jeddah ke Kertajati akan dilayani dengan GA 903 dan akan diberangkatkan dari bandara internasional King Abdul Aziz pada pukul 19.30 LT dan akan tiba di bandara internasional Kertajati pada pukul 10.00 WIB.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan pembukaan rute penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Kertajati ini merupakan bentuk dukungan perusahaannya terhadap pengembangan bandara Kertajati sebagai hub penerbangan di Jawa Barat.

“Hadirnya penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Kertajati ini juga merupakan upaya kami dalam mengoptimalkan peluang pasar umrah yang saat ini terus tumbuh khususnya dari wilayah Jawa Barat,” kata Irfan dalam keterangan resmi, Senin (7/8).

Optimalkan rute

Irfan melanjutkan bahwa layanan penerbangan umrah dari Kertajati, Majalengka, ini juga sejalan dengan upaya optimalisasi kapasitas produksi yang dilaksanakan perusahaan. Garuda terus mengoptimalkan rute penerbangan dengan kinerja yang positif termasuk melalui pengembangan pangsa pasar umrah sebagai salah satu pangsa pasar unggulan di Indonesia.

Pengembangan pasar umrah tersebut salah satunya dilaksanakan dengan pengopersian penerbangan langsung ke Tanah Suci melalui lima kota besar di Indonesia yang dilakukan secara bertahap, Banda Aceh, Yogyakarta, Makassar, Surabaya dan Kertajati.

“Kiranya dengan pembukaan penerbangan langsung ke Tanah Suci dari bandara Kertajati, Majalengka ini tidak hanya dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat Jawa Barat melalui ragam aksesibilitas langsung untuk menjalankan ibadah ke Tanah Suci melalui layanan penerbangan yang aman dan nyaman dengan waktu yang lebih efisien namun juga disaat yang bersamaan dapat turut memberikan kontibusi positif bagi pertumbuhan ekonomi Jawab Barat, khususnya melalui Majalengka dan sekitarnya”, ujar Irfan. 

Bandara Kertajati mengoperasikan kembali layanan penerbangan umrah pada 15 April 2023. Penerbangan umrah di Kertajati dimulai oleh Lion Air, dilanjutkan dengan penerbangan Garuda Indonesia pada bulan ini.

Related Topics