NEWS

Harta Kekayaan Pele, Legenda Sepakbola Dunia Asal Brasil

Pele meninggal dunia pada 29 Desember 2022.

Harta Kekayaan Pele, Legenda Sepakbola Dunia Asal Brasililustrasi Memorabilia Pele (dok.icons)
30 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bintang sepakbola Brasil dan juara Piala Dunia tiga kali, Pelé, meninggal dunia pada 29 Desember 2022 setelah berjuang melawan kanker. Atlet bernama asli Edson Arantes do Nascimento tersebut berhasil memperoleh kekayaan bersih yang mengesankan selama 82 tahun hidupnya.

Mengutip Celebrity Net Worth, Pelé meninggalkan US$100 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

Karier Pelé dimulai pada 1957 ketika dia masih berusia 15 dan bergabung dengan Santos FC—salah satu klub raksasa di liga Brasil. 

Di masa jayanya, penduduk asli Três Corações tersebut juga tercatat sebagai atlet dengan bayaran tertinggi sepanjang masa. Memimpin Brasil memenangkan Piala Dunia pada 1958, 1962 dan 1970, ia diganjar penghargaan sebagai "Atlet Terbesar Abad 20" oleh Komite Olimpiade Internasional dan FIFA pada 1999.

Meski sering ditawari kontrak besar untuk meninggalkan Santos FC dan bermain untuk klub besar seperti Inter Milan atau Real Madrid, Pelé tetap setia pada tim yang menemukannya. Ketika masih berusia 21, Presiden Brasil Janio Quadros bahkan menyatakan Pele sebagai 'harta nasional resmi' untuk mencegah klub-klub Eropa membawanya pergi dari negara itu.

Pada 1974, dia menandatangani kontrak dengan New York Cosmos—salah satu klub besar Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat— dan membantu menumbuhkan basis penggemar sepak bola negeri Paman Sam.

Menurut New York Times, Pelé menyetujui kontrak tiga tahun senilai US$7 juta dengan tim New York dan menjadikannya atlet tim dengan bayaran tertinggi di dunia saat itu. Meski pensiun dari sepak bola pada 1977, ia terus mengeruk uang dengan menjadi salah satu duta olahraga termasyhur di dunia.

Sebagai pensiunan

Bagaimana Pelé menghasilkan uang pada usia senjanya?

Pada 2015—setahun setelah Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia dan satu tahun sebelum Olimpiade Musim Panas dijadwalkan berlangsung di Rio de Janeiro— Forbes menyebut Pelé sebagai atlet pensiunan dengan bayaran tertinggi ke-10.

Banyak perusahaan mempekerjakan legenda sepak bola tersebut sebagai wajah kampanye mereka selama acara olahraga besar di Brasil.

Pelé, misalnya, menangguk US$15 juta dari perusahaan seperti Procter & Gamble, Volkswagen, dan Emirates Airlines pada tahun itu saja.

Dia juga memiliki hubungan jangka panjang dengan perusahaan sepatu Puma, dimulai pada 1970-an ketika dibayar untuk mengikat sepatunya selama Final Piala Dunia, menurut Los Angeles Times.

Surat kabar asal Italia Corriere della Sera juga menyebut, selain menjadi endorser dan memiliki kekayaan berlimpah, Pelé juga menerima dana pensiun bulanan sekitar US$567 di Brasil sejak 2014.

Kini, legenda sepakbola yang dijuluki sebagai raja (O Rei) oleh para pencintanya itu berpulang setelah pertempuran singkat dengan kanker usus besar dan pengangkatan tumor pada 2021.

"Ia telah pergi tetapi sihirnya tetap ada. Pèle abadi..." demikian bintang pesepakbola Brasil, Neymar, berduka atas kepergian sosok yang menjadi inspirasi terbesarnya itu, lewat sebuah postingan di Instagram.

Related Topics