NEWS

Ini Lima Rekomendasi Kuliner di Yogyakarta

Yogyakarta punya banyak kuliner istimewa.

Ini Lima Rekomendasi Kuliner di YogyakartaYogyakarta (unsplash.com/Fakhri Labib)
18 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta FORTUNE - Rasanya tidak berlebihan memasukkan Yogyakarta sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia. Daerah yang menyandang kata "istimewa" pada nama tengahnya ini memiliki banyak makanan khas yang tidak saja disukai masyarakat setempat, tapi membetot minat warga kota lain di Indonesia.

Karena itu, jika berkunjung ke kota ini, Anda mungkin akan kebingungan memilih makanan mana yang ingin dicicipi. Namun, jangan khawatir. Lewat tulisan ini, kami merekomendasikan lima tempat kuliner yang bisa Anda kunjungi. Berikut daftarnya:

Ayam Goreng Suharti

Restoran ini mungkin tidak lagi asing bagi pencinta kuliner ayam goreng. Ayam Suharti memiliki tekstur lembut dan empuk, serta bumbu kuning dan kremes gurih yang memanjakan lidah. 

Pada daftar menunya ada jenis makanan lain seperti gudeg telur, sayur pecel, sayur asem, sayur lodeh, hingga sambal goreng krecek.

Meski telah membuka cabang di banyak kota, Ayam Goreng Suharti menjadi salah satu lokasi kuliner di Yogyakarta yang sering direkomendasikan bagi para pelancong. Sebab, di kota ini pula jenama tersebut muncul dan berkembang sejak 1972.

Bagi Anda yang tertarik, rumah makan ini terletak di Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta dan buka pukul 08.00 sampai 21.00 WIB.

Gudeg Bu Hajah Ahmad

Gudeg Mbarek Bu Hajah Amad adalah salah satu kuliner legendaris. Rumah makan yang khusus menyajikan gudeg tersebut berdiri sejak 1965 dan telah berganti beberapa generasi kepemilikan: dari Hajah Ahmad ke Bu Sumardjono hingga Bu Indri Sari Sumardjono.

Masakan gudeg di sana menonjolkan rasa asin ketimbang manis, dengan gagrak gudeg kering yang dapat tahan selama beberapa hari. Karenanya, gudeg itu dapat dimanfaatkan sebagai oleh-oleh, bahkan tahan hingga ke mancanegara seperti Malaysia dan Jepang.

Jika diperuntukkan untuk oleh-oleh, gudeg Bu Hj Amad dapat dibungkus dengan kotak kertas, besek, atau kendil. Anda dapat mencoba kuliner ini di Jalan Kaliurang KM 5, Sleman, Yogyakarta.

Related Topics