NEWS

Usai Tutup di Plaza Indonesia, Kinokuniya Hadir di Central Market PIK

MAP berencana buka kembali Kinokuniya di Plaza Indonesia.

Usai Tutup di Plaza Indonesia, Kinokuniya Hadir di Central Market PIKManaging Director Kinokuniya Bookstore Handaka Santosa (kanan) bersama pembeli pertama Kinokuniya Central Market, Pantai Indah Kapuk. (Doc: Instagram @Kinokuniya_ID_
17 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) kembali membuka toko buku ternama Kinokuniya di Central Market, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, setelah menutup salah satu gerainya di Plaza Indonesia ketika pandemi, pada 1 April 2021. 

Managing Director Kinokuniya, Handaka Santosa, mengatakan pemilihan Central Market sebagai lokasi baru Kinokuniya mempertimbangkan tumbuhnya calon konsumen dari rentang usia anak-anak hingga remaja di sekitar PIK.

"Jadi banyaknya anak muda, kemudian keluarga muda, terus eksekutif juga yang tinggal di sini, jadi ini salah satu pilihan yang tepat," ujarnya ketika ditemui Fortune Indonesia dalam pembukaan Kinokuniya Central Market, Sabtu (17/4).

Kinokuniya Central Market, yang menempati area seluas 470 meter persegi di Central Market dengan konsep kayu bergaya minimalis Jepang, memiliki buku dengan jumlah 500.000 judul. Beragam variasi buku mulai dari yang laris hingga langka dari berbagai genre dapat ditemukan di sana.

Handaka mengatakan ke depannya Kinokuniya tidak hanya akan menyediakan beragam variasi buku, tetapi juga menghadirkan event activity atau community gathering yang dilakukan secara berkala. Harapannya itu dapat menarik para pelanggan muda dan meningkatkan minat bacanya. 

Hadirnya Kinokuniya di Central Market juga diharapkan dapat semakin mempertahankan eksistensinya sebagai salah satu toko buku lifestyle terkemuka di Jakarta. Pasalnya, setelah gerai pertama Kinokuniya di Plaza Indonesia tutup, hanya tersisa satu gerai yang masih beroperasi di Jakarta, yaitu di Grand Indonesia.

Berencana buka kembali di Plaza Indonesia

Handaka mengatakan banyak penggemar buku yang merasa kecewa ketika Kinokuniya di Plaza Indonesia tutup. Dalam kesempatan tersebut ia menjelaskan bahwa penutupan tersebut bukan karena masalah penjualan, melainkan karena memang Sogo di Plaza Indonesia tengah melakukan renovasi.

"Jadi di situ agak berubah. Makanya untuk sementara Kinokuniya keluar dulu. Nanti apabila renovasi selesai, ada tempat, tentu kita akan buka lagi," jelasnya.

Kinokuniya Bookstore Indonesia merupakan toko buku internasional yang telah berumur 33 tahun.

Pada Maret 1990, Kinokuniya pertama kali dibuka di Indonesia di Plaza Indonesia. Kemudian, pada 1999, Kinokuniya membuka cabangnya yang kedua di Grand Indonesia. Semua gerai buku Kinokunia dikelola PT Kinokunia Bukindo, anak usaha PT MAP.

Related Topics