NEWS

Pelawak Senior Srimulat Tarzan Kena Denda PLN Rp90 Juta

PLN imbau konsumen tak sembarangan pindah meteran listrik.

Pelawak Senior Srimulat Tarzan Kena Denda PLN Rp90 JutaPetugas PLN mengecek kondisi meteran listrik pelanggan. (Doc: PLN)
07 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pelawak senior grup Srimulat, Tarzan, sempat mengeluhkan denda yang dialamatkan PLN kepada keluarganya yang mencapai Rp90 juta. Ini terjadi ketika pihak PLN melakukan pengecekan meteran atau penertiban pemakaian tenaga listrik (P2TL) pada Februari 2023.

Dalam sebuah video yang diunggah akun Twitter Maman Suherman @maman1965, Tarzan mengatakan denda dialamatkan kepada keluarganya lantaran memindahkan meteran listrik tanpa izin. Itu terjadi ketika pada 2007 Tarzan merenovasi rumah yang baru dibelinya di kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Namun 15 tahun kemudian setelah renovasi tersebut, ia menerima surat dari PLN berisi denda yang harus dibayar. "Februari kemarin tanggal 6 tahun 2023. PLN dan petugasnya datang ke rumah itu. Langsung mau diblokir. Alasannya karena alamat tidak sesuai. Kesalahan pelanggan. Dendanya Rp90 juta," jelasnya.

Tarzan menyatakan keberatannya dan mendatangi kantor PLN. Akhirnya ia mendapatkan keringanan atas denda tersebut menjadi Rp72 juta. "Tapi harus pasang baru lagi. Terpaksa saya bayar. Padahal dua tahun tak dapat job," kelakarnya.

Meski demikian, dalam unggahan video selanjutnya hari ini (7/3) Tarzan di kantor UP3 PLN Kramat Jati menyampaikan pemaklumannya. Menurutnya hal tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan setrum negara terhadap pelanggan.

"PLN itu sebetulnya peduli dengan pelanggannya dengan melakukan pengecekan atau disebut P2TL. Kadang kan ada juga masyarakat yang suka iseng ngotak-atik sendiri meteran di rumahnya. Ternyata itu sangat berbahaya sekali karena tidak tahu arus listrik yang masuk rumah itu berapa. Bisa jadi berbahaya kalau arus listriknya tidak turun," ujarnya dalam video tersebut.

Ia juga menyampaikan dengan adanya denda dari perusahaan, ia menjadi lebih sadar akan pentingnya berkoordinasi dengan petugas jika ingin melakukan pemindahan alat meteran ketika renovasi rumah.

"Kemarin saya sudah menemui dan menyampaikan keberatan kepada dirjen ketenagalistrikan ESDM, dan memang ya kerjaan seperti itu dan sudah dijelaskan juga sama tim keberatan tentang keberatannya saya dan tim menerima dan memang sudah dilakukan pembayaran. Pembelajaran adalah kalau kita mau jual beli atau sewa rumah sebaiknya dicek dulu meteran listriknya," katanya.

Cara pindah meteran listrik

Sebelumnya Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto, mengatakan prosedur pemindahan meteran listrik dapat dilakukan melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau ke kantor pelayanan PLN terdekat.

Ia menegaskan, konsumen dilarang untuk memindahkan meteran listrik sendiri secara langsung tanpa pelaporan resmi, tentunya hal ini berkenaan dengan keamanan instalasi tenaga listrik. 

"Pelaporan ini harus dilakukan secara resmi ke PLN, jangan digeser atau dipindahkan sendiri atau melalui jasa instalatir karena meteran listrik adalah aset milik PLN," kata Gregorius.

Setelah laporan resmi dibuat, petugas PLN akan langsung melakukan survei ke lokasi konsumen. Dari hasil survei tersebut, PLN akan menyampaikan jawaban atas permohonan pelanggan, lengkap dengan biaya yang dikenakan terhadap pemindahan instalasi dan kWh Meter.

Ongkos yang harus dikeluarkan bervariasi, bergantung pada jumlah penggantian jenis material yang dibutuhkan sesuai hasil survei. Nantinya, seluruh biaya yang timbul tidak diperkenankan dibayar secara langsung kepada petugas, melainkan menggunakan nomor registrasi resmi yang dapat dibayar melalui PLN Mobile, Payment Point Online Bank (PPOB) atau Marketplace lainnya.

"Semua semakin mudah dengan aplikasi PLN Mobile. Konsumen cukup melaporkan lewat Pengaduan dan memilih permasalahan kWh Meter layanan Pasca Bayar maupun Pra Bayar serta cukup memasukan deskripsi terkait permintaan pemindahan kWh Meter di rumah," ujar Gregorius.

Related Topics