NEWS

Tarif Tol Pemalang-Batang Naik per 12 November 2023

Penyesuaian tarif mengacu Kepmen PUPR 1517/2023.

Tarif Tol Pemalang-Batang Naik per 12 November 2023Tarif tol baru Pemalang-Batang. (Doc: Waskita Toll Road)
10 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR) mengumumkan kenaikan tarif jalan tol Pemalang–Batang per hari Minggu (12/11).

Penyesuaian tarif ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1517/KPTS/M/2023.

Direktur Utama PBTR, Supriyono, mengatakan penyesuaian tarif tersebut berlaku untuk seluruh golongan kendaraan dengan tarif sesuai dengan asal dan tujuan pengguna jalan. Ruas PBTR tersebut menggunakan sistem tertutup. 

Sebagai contoh, pengguna jalan golongan I dari Pemalang/Sewaka menuju SS Pemalang, SS Pekalongan, SS Batang, dan Pasekaran secara berturut-turut akan dikenakan Rp7.500, Rp33.000, Rp47.500, dan Rp53.000.

Sedangkan bagi pengguna jalan golongan II dan III, akan dikenakan Rp 11.000, Rp49.500, Rp 71.000, dan Rp 79.500. Kemudian bagi pengguna jalan golongan IV dan V, akan dikenakan Rp 14.500, Rp 66.000, Rp95.000, dan Rp 106.000.

Demi menjaga kualitas dari Standar Pelayanan Minimal (“SPM”) pada jalan Pemalang –Batang, Supriyono memastikan jajarannya berkomitmen untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan serta pengelolaan di jalan tol.

"Hadirnya jalan tol PBTR dapat meningkatkan konektivitas masyarakat dari Pemalang menuju Batang. Serta berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Tengah.” ujar Supriyono.

Jalan tol Pemalang-Batang telah resmi beroperasi penuh sejak 2018 dengan panjang 39,20 Km. Selain menghubungkan jalur darat dari Pemalang menuju Batang, jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan dari DKI Jakarta hingga Provinsi Jawa Timur.

Dari sisi barat, jalan tol Pemalang-Batang terhubung oleh jalan tol Pejagan-Pemalang dan jalan tol Semarang – Batang di sisi timurnya. Pengguna jalan dapat memangkas waktu perjalanan dari Pemalang menuju Batang yang semula membutuhkan waktu lebih dari 2 jam perjalanan, sekarang membutuhkan waktu hanya menjadi 39 menit.

Jalan tol Pemalang-Batang, menurut Supriyono, juga berkontribusi dalam konektivitas dan mobilitas masyarakat yang melakukan perjalanan antar provinsi, mendorong sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat di Jawa Tengah, khususnya pada sektor industri, barang, dan jasa.

"Kami selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas jalan tol Pemalang-Batang dengan;melakukan perbaikan beautifikasi di sekitar jalan tol, dan perbaikan perkerasan jalan. Ke depannya, kami akan tetap konsisten untuk memenuhi SPM, rekonstruksi perkerasan, dan pekerjaan scrapping filling overlay," ujar Supriyono.

Berikut tarif tol Pemalang Batang setelah mengalami kenaikan:

Related Topics