NEWS

Jelang Ramadan, Ini Lokasi dan Jadwal Layanan Penukaran Uang Kecil

BI siapkan uang tunai Rp195 triliun.

Jelang Ramadan, Ini Lokasi dan Jadwal Layanan Penukaran Uang KecilWarga memperlihatkan uang rupiah usai melakukan penukaran di loket layanan Bank Indonesia di Cilegon, Banten, Kamis (7/4)/ Antara Foto
20 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Guna memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1444 H,  mulai tanggal 27 Maret 2023 s.d 20 April 2023,  Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 5.066 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kerja sama tersebut diwujudkan dengan menyediakan opsi layanan penukaran uang kecil melalui tiga opsi, yakni dari sejumlah kantor cabang bank, kas keliling di pusat keramaian seperti terminal, pasar, dan stasiun. Serta kas keliling susur sungai khusus Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Serambi merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas pada kepada masyarakat periode Ramadan dan Idulfitri 2023,” kata Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman, di Gedung C BI Jakarta, Senin (20/4).

Ini jadwal kas keliling wilayah DKI Jakarta dan jalur mudik

Warga menukarkan uang pecahan kecil di mobil pelayanan keliling Bank Syariah NTB di Taman Sangkareang, Mataram, NTB, Selasa (12/4) /ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, terhitung 3- 14 April 2023, BI bekerjasama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta, akan melakukan layanan kas keliling bersama. Kas keliling tersebut akan mengambil tempat di Masjid Hasyim Asya'ri, Masjid Istiqlal, Masji At Tin, Masjis Islamic Center, dan Masjid Al Azhar.

Hadir pula di pasar wilayah Jabodetabek yaitu Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasar Koja, dan Pasar Tebet pada tanggal 27 Maret hingga 20 April 2023. Serta di Parkir Timur Gelora Bung Karno pada 8-9 April 2023. Kas keliling diatur pada waktu yang telah ditentukan dalam aplikasi PINTAR.  

Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR​ di https://pintar.bi.go.id/ dan klik penukaran uang melalui kas keliling dan pilih lokasi dan waktu yang ingin ditentukan dalam penukaran uang.

Sementara itu, mulai tanggal 15-19 April 2023 Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk. Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR.

BI siapkan uang tunai Rp195 triliun

Peresmian Program Serambi Ramadan 2023/Dok Bank Indonesia

Related Topics