NEWS

Jokowi Imbau Lulusan LPDP Kembali ke Indonesia

LPDP punya dana abadi Rp139 triliun.

Jokowi Imbau Lulusan LPDP Kembali ke IndonesiaJokowi dalam pengukuhan Dewan Pimpinan Nasional Apindo, Senin (31/7). (Tangkapan layar)
07 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memiliki kekuatan besar, karena didukung dana abadi yang jumlahnya sudah mencapai Rp139,1 triliun. 

Jokowi menyadari, kunci kemajuan negara yang membuat Indonesia bisa bersaing dengan negara lain ialah sumber daya manusia. Untuk itu, dalam mengejar kemajuan pendidikan yang mengalami perubahan cepat, negara memfasilitasi generasi muda untuk mempelari ilmu pengetahuan dan teknologi lewat LPDP. 

"Setiap tahun (LPDP) akan ditambah dari APBD. Satu tahun minimal bisa ditambah Rp20 triliun," kata Jokowi melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Senin (7/8). 

Jokowi minta LPDP siapkan grand design pendidikan 25 tahun ke depan

Astra International meresmikan kampus baru ASTRAtech di Cikarang, Jawa Barat.
dok. Astra International

Ke depan, Jokowi juga meminta menteri terkait dan LPDP menyiapkan grand design untuk 5-10 bahkan 25 tahun ke depan. Desain itu menjadi visi negara. 

"Kita yang kita butuhkan untuk maju itu jurusan apa saja. Jumlah SDM-nya berupa. Begitu juga dengan bidang penelitian apa saja yang harus dilakukan. Harus tepat sasaran dan tidak buang-buang anggaran," ujarnya. 

Saat ini, lanjut dia, Indonesia memiliki peluang untuk jadi negara maju dengan hilirisasi. Salah satunya, Indonesia harus membuat ekosistem mobil listrik dengan modal nikel. 

"Ini juga harus disiapkan dalam LPDP. Kebutuhan SDM-nya. Kita butuh ahli metalurgi, material science untuk urusan mobil listrik. Ini yang harus kita kejar dengan menyekolahkan anak-anak muda untuk memiliki keahlian di bidang tersebut," kata Kepala Negara. 

Bidang lain ialah teknik kimia. Indonesia butuh SDM yang berkeahlian untuk membuat barang setengah jadi menjadi barang jadi. Butuh ilmu komputer guna merakit berbagai material setengah jadi menjadi barang jadi. 

Jokowi imbau lulusan LPDP untuk kembali ke Indonesia

Ilustrasi lulusan kuliah.
Ilustrasi lulusan kuliah. (Pixabay/StockSnap)

Related Topics