NEWS

OJK Terindikasi Diserang Ransomware, Data Keuangan Bocor?

Pakar IT: ada potensi kebocoran data bila ada serangan.

OJK Terindikasi Diserang Ransomware, Data Keuangan Bocor?ShutterStock/Farzand01
03 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Media sosial sempat digemparkan oleh gangguang layanan serta website Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tak bisa diakses oleh masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan oleh akun media sosial X @rgoestama yang menyatakan bahwa layanan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) tidak bisa diakses pada pukul 19:12, Senin malam (2/10). 

"SLIK masih belum bisa diakses" tulis @rgoestama yang dikutip di Jakarta, Selasa (3/10). 

Sementara itu, tak sedikit masyarakat yang menduga bahwa kondisi tersebut terjadi akibat adanya serangan siber ransomware. Kondisi tersebut juga mendapatkan perhatian dan komentar dari sejumlah pengguna. 

"Wah kabarnya OJK kena ransomware, jadi website dan appsnya tidak bisa diakses. Yang dapat email/attachment dari sana hati-hati saja dulu," tulis akun @jesswjk.
 

Pakar IT: ada potensi kebocoran data bila ada serangan ransomware 

Ilustrasi kejahatan siber. Shutterstock/Sergey Nivens

Menanggapi kondisi tersebut, Pakar Keamanan Siber Vaksincom, Alfons Tanujaya menyatakan bahwa ada indikasi serangan siber dari sistem digital OJK. Ia meyebut, kondisi ini persis apa yang dialami oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) yang layanannya sempat down berhari-hari. 

"Indikasinya mirip dengan BSI. Down berhari-hari tanpa penjelasan yang bisa diterima dan beberapa institusi mulai berhati-hati. Dengan email (yang dikirim saat down) OJK, khawatir menjadi sarana untuk menyebarkan ransomware," jelas Alfons kepada Fortune Indonesia di Jakarta, Selasa (3/10). 

Ia menyebut, sebagai pengawas industri keuangan, OJK memiliki peran dan tanggung jawab yang besar melindungi data dari seluruh industri keuangan. Ia khawatir, kondisi ini bisa berdampak terhadap data industri yang bocor. 

"Indikasi di darkweb juga memberikan beberapa informasi kredensial penting OJK yang bocor," kata Alfons.

OJK: gangguan disebabkan oleh pemeliharaan jaringan 

Ilustrasi keamanan siber. Shutterstock/Gorodenkoff
Ilustrasi keamanan siber. Shutterstock/Gorodenkoff

Related Topics