NEWS

Utang Luar Negeri RI Turun Tipis jadi Rp6.090 triliun, Ini Penyebabnya

ULN Pemerintah naik 4,1%, sedangkan ULN swasta turun 5,9%.

Utang Luar Negeri RI Turun Tipis jadi Rp6.090 triliun, Ini Penyebabnyailustrasi bendera Indonesia (unsplash.com/Anggit Rizkianto)
15 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Juli 2023 tercatat sebesar US$396,4 miliar atau sekitar Rp6.090 triliun. Nilai ULN tersebut mengalami penurunan sebesar 0,9 persen secara year on year (yoy). 

Bank Indonesia (BI) mencatat, kontraksi ini bersumber dari ULN sektor swasta yang terkontraksi 5,9 persen (yoy). "Perkembangan posisi ULN pada Juli 2023 juga dipengaruhi oleh faktor pelemahan mata uang dolar AS terhadap mayoritas mata uang global," jelas Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (15/9). 

ULN swasta turun 5,9%, ini penyebabnya 

kabupaten/kota
ilustrasi kabupaten/kota (unsplash.com/Gede Suhendra)

Lebih lanjut Erwin menjelaskan, posisi ULN swasta pada Juli 2023 tercatat sebesar US$193,9 miliar atau mengalami kontraksi 5,9 persen (yoy) lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 5,8 persen (yoy). 

Erwin menjelaskan, perkembangan tersebut terutama disebabkan oleh penurunan ULN lembaga keuangan yang mencatat kontraksi pertumbuhan lebih dalam sebesar 10,5 persen (yoy) dibandingkan dengan 9,1 persen (yoy) pada bulan sebelumnya. 

Berdasarkan sektor ekonomi, ULN swasta terbesar bersumber dari sektor industri pengolahan; pengadaan listrik, gas, uap/air panas, dan udara dingin; jasa keuangan dan asuransi; serta pertambangan dan penggalian, dengan pangsa mencapai 78,1 persen dari total ULN swasta. 

Namun demikian, BI mencatat ULN swasta juga tetap didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 75,6 persen terhadap total ULN swasta. 

ULN Pemerintah naik 4,1%, ini penggunaannya

Acara Peluncuran Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS Antarnegara, Senin (29/8).
Acara Peluncuran Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS Antarnegara, Senin (29/8). (dok. Setkab)

Related Topics