NEWS

2 Cara Cek Saldo KIP Pakai HP, Mudah dan Tak Perlu Antre

Cek saldo KIP Anda sekarang!

2 Cara Cek Saldo KIP Pakai HP, Mudah dan Tak Perlu Antreilustrasi mengecek saldo KIP lewat hp (unsplash.com/Jonas Leupe)
27 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Cara cek saldo KIP lewat HP atau handphone sebenarnya cukup mudah. Dengan begitu, para peserta yang telah terdaftar bisa mengetahui apakah saldo telah masuk atau belum.

Seperti yang diketahui, Kartu Indonesia Pintar atau KIP merupakan program bantuan biaya pendidikan yang dikhususkan para pelajar maupun mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Salah satu bantuan yang diberikan berbentuk uang tunai yang akan dikirimkan ke nomor rekening peserta. Untuk lebih jelasnya, simak artikel selengkapnya mengenai KIP dan cara mengecek saldo KIP melalui HP.

Apa itu KIP?

Kartu Indonesia Pintar/Dok Kemendikbud

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Kartu Indonesia Pintar atau KIP merupakan program Program Indonesia Pintar (PIP) yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo.

Adapun program tersebut berbentuk bantuan biaya pendidikan kepada anak usia sekolah 6–21 tahun dari golongan kurang mampu. Dengan begitu, mereka bisa melanjutkan pendidikan secara optimal.

Besaran bantuan yang diberikan berbeda-beda, tergantung dari jenjang sekolah yang diikuti. Adapun saldo KIP akan tersimpan secara resmi pada pelajar yang telah terdaftar dan datanya tersimpan di sistem.

Cara cek saldo KIP lewat HP

mengecek saldo KIP
ilustrasi mengecek saldo KIP (unsplash.com/Luke Porter)

Related Topics