NEWS

7 Kereta Tercepat di Dunia 2023, Negara Mana Saja?

Mencapai rekor kecepatan 501 km/jam

7 Kereta Tercepat di Dunia 2023, Negara Mana Saja?ilustrasi kereta tercepat di dunia (unsplash.com/Daniel Abadia)
12 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat tujuh kereta tercepat di dunia yang perlu Anda ketahui. Kendaraan yang satu ini menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan di beberapa negara.

Beberapa negara memiliki kereta api berkecepatan tinggi dapat mengantar penumpang dalam waktu yang singkat.  Seperti yang diketahui, Indonesia baru saja meluncurkan Kereta Cepat Jakarta Bandung (Whoosh). 

Dengan menggunakan Whoosh, Anda bisa menempuh Jakarta-Bandung hanya dalam waktu 36–44 menit saja. Dilansir kcic.co.id, pada saat uji coba bulan Juni 2023, Kereta Cepat Jakarta Bandung ini memiliki kecepatan maksimum 350 km/jam.

Meski termasuk dalam kategori kereta cepat, tapi nyatanya ada beberapa kereta lain di dunia yang juga berkecepatan tinggi. Bahkan, ada yang memiliki rekor kecepatan hingga 501 kilometer per jam.

Dilansir railway-technology.com, berikut daftar kereta tercepat di dunia 2023. Simak daftarnya!

1. Shangai Maglev, China

Shangai Maglev
ilustrasi kereta Shangai Maglev (wikipedia.org/ Alex Needham)

Kereta tercepat di dunia pertama adalah Shangai Maglev, China. Kereta ini memiliki kecepatan operasi maksimum 460 km/jam dan kecepatan rata-rata 251 km/jam. Kereta cepat asal China ini bahkan pernah mencapai rekor kecepatan 501 km/jam.

Kereta Maglev menggunakan gaya elektromagnetik yang memungkinkan kereta untuk melayang di atas lintasan, menghilangkan gesekan, serta membuat perjalanan menjadi lebih mulus tanpa suara.

2. CR Harmony, China

CR Harmony
ilustrasi kereta CR Harmony (wikipedia.org/A1AA1A)

Related Topics