NEWS

7 Tradisi Lebaran di Berbagai Negara yang Unik

Perayaan di berbagai negara.

7 Tradisi Lebaran di Berbagai Negara yang Unikilustrasi idul fitri (unsplash.com/Mufid Majnun)
20 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Lebaran menjadi momen yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Dapat dikatakan, Idul Fitri adalah hari kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan penuh.

Setiap negara memiliki tradisi yang berbeda dalam menyambut Lebaran, termasuk di Indonesia. Biasanya, masyarakat tanah air menyambut momen Lebaran dengan perayaan halal-bi halal atau berkumpul bersama keluarga besar.

Selain itu, ada berbagai jenis makanan khas Lebaran yang bisanya disajikan, seperti ketupat, opor ayam, dan lainnya. Hal yang dinantikan lainnya adalah pemberian tunjangan hari raya (THR). Tradisi ini sudah menjadi ciri khas dan dapat Anda rasakan hanya pada momen Lebaran.

Lalu, bagaimana Lebaran di negara lainnya? Yuk, simak bersama tujuh tradisi Lebaran di berbagai negara.

1. Turki

Tradisi Lebaran di negara pertama adalah Turki. Masyarakat menyambut Idulfitri dengan festival gula atau disebut seker bayram. Manisan tersebut juga diantarkan ke tetangga.

Masyarakat biasanya akan mengenakan pakaian khas Turki yaitu bayramlik. Mirip dengan di Indonesia, di Turki juga melakukan sungkeman.

2. Australia

Masyarakat muslim di Australia juga merayakan Idulfitri dengan meriah, meski termasuk dalam golongan minoritas. Pemerintah akan menetapkan libur Lebaran dan memperbolehkan umat muslim menggunakan jalan umum untuk penyelenggaraan salat Id.

Selain itu, terdapat juga festival yang bertajuk Pekan Raya Multikultural. Acara tersebut tidak hanya untuk umat muslim saja, tapi juga melibat masyarakat nonmuslim.

Related Topics