NEWS

Mengenal Jusuf Hamka, Bos Jalan Tol Indonesia yang Dermawan

Berikut 7 tol milik Jusuf Hamka di Indonesia.

Mengenal Jusuf Hamka, Bos Jalan Tol Indonesia yang DermawanJusuf Hamka (instagram.com/jusufhamka)
21 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jusuf Hamka adalah seorang pengusaha yang memiliki saham di sejumlah perusahaan yang mengoperasikan jalan tol besar di Indonesia.

Ia bahkan hampir menjadi pemegang mayoritas di PT Citra Marga Nusantara, sebuah perusahaan swasta nasional di bidang pengusahaan jalan tol. Berkat kesuksesannya berbisnis di bidang kontruksi ini, Jusuf Hamka sampai dijuluki raja atau bos jalan tol Indonesia.

Meski dikelilingi dengan kekayaan yang berlimpah, mualaf Tionghoa ini selalu memiliki gaya hidup yang sederhana dan enggan memamerkan hartanya di media sosial.

Bahkan, ia memiliki moto yang ditulis pada akun Instagramnya “Banyak duit jangan sombong, gak banyak duit jangan bohong, gak punya duit jangan nyolong”.

Profil Jusuf Hamka

Jusuf Hamka
Jusuf Hamka (instagram.com/jusufhamka)

Mohammad Jusuf Hamka merupakan laki-laki kelahiran Samarinda, 5 Desember 1957. Jusuf Hamka merupakan seorang pengusaha yang berkecimpung di bidang konstruksi, khususnya pembangunan jalan tol di Indonesia.

Jusuf Hamka bukanlah lahir dari keluarga Islam, tapi ia memilih untuk menjadi mualaf di usianya yang ke-23 tahun, tepatnya pada tahun 1981. Adapun proses pengucapan dua kalimat syahadat tersebut dibimbing langsung oleh Buya Hamka.

Nama Jusuf Hamka sendiri merupakan pemberian dari Buya Hamka, yang sebelumnya nama aslinya adalah Josef Alun. 

Beruntungnya, keluarga Jusuf Hamka tidak ada sama sekali yang memberikan penolakan terhadap keputusan tersebut. Ia sendiri dibesarkan dari keluarga Tionghoa yang moderat dan cukup terpelajar. Ayahnya seorang dosen Universitas 17 Agustus 1945, Dr Joseph Suhaimi, S.H. (Jauw To Tjiang). Sementara ibunya seorang guru, Suwanti Suhaimi (Siaw Po Swan).

Sebelum menjadi pengusaha yang sukses, Jusuf Hamka memiliki kehidupan yang pas-pasan. Saat kecil, ia harus berkeliling berjualan berbagai makanan kecil, seperti es mambo hingga kacang-kacangan. Rutinitas ini ia lakukan setiap hari setelah pulang dari sekolah.

Jusuf Hamka pernah seseorang pribadi yang terbilang unik, ia pernah mengenyam disejumlah bangku perkuliahan. Akan tetapi, ada yang tidak tuntas. Hal ini karena laki-laki yang kerap disapa Babah Alun tersebut tak suka dengan formalitas.

Ia pernah kuliah di Fakultas Pendidikan di Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945, Bisnis Administrasi Columbia College, Kanada, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, hingga Administrasi Negara FISIP Universitas Jayabaya.

Meski tak memiliki ijazah formal, tapi laki-laki kelahiran Samarinda tersebut tidak minder dan sukses menjadi pengusaha.

Kedermawanan Jusuf Hamka

Warung jusuf hamka
Ilustrasi warung pojok halal jusuf hamka (instagram.com/jusufhamka)

Related Topics