NEWS

Profil Sam Altman, Sosok Dibalik OpenAI dan ChatGPT

Sukses jadi pengusaha dan investor!

Profil Sam Altman, Sosok Dibalik OpenAI dan ChatGPTSam Altman (dok.businessinsider.com)
07 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Profil Sam Altman banyak dicari oleh pengguna internet. Hal ini karena Sam Altman merupakan CEO OpenAI serta sosok dibalik Chat GPT. Aplikasi ini yang viral di media sosial ini banyak digunakan oleh penggunanya untuk membantu kebutuhan pengguna internet

Seperti yang diketahui, OpenAI merupakan perusahan riset nirlaba yang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Sedangkan, ChatGPT merupakan produk dari OpenAi berbentuk chatbot. Melalui ChatGPT, Anda bisa berbalas pesan seperti berinteraksi dengan manusia. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi yang ingin diketahui selayaknya mesin pencari.

Sosok dibalik kecanggihan alat tersebut merupakan Sam Altman. Dikutip dari berbagi sumber, berikut profil Sam Altman, CEO OpenAI dan pencetus ChatGPT.

Profil Sam Altman

Profil Sam Altman sangat menarik untuk dibahas. Laki-laki kelahiran 1985 ini merupakan lulusan dari John Burroughs School di St. Louis, Missouri. Ia belajar pemrograman dan membongkar komputer Macintosh saat usia 8 tahun. 

Altman mengambil jurusan ilmu komputer di Stanford University selama dua tahun sampai akhirnya ia keluar pada 2005 untuk bekerja di aplikasi seluler, Loopt.

Selain itu, Sam Altman juga seorang investor dan pengusaha asal Amerika yang berbasis di San Francisco. Berikut ini riwayat karir dari Sam Altman:

  • Pendiri dan mantan CEO Loopt
  • Salah satu pendiri Hydrazine Capital
  • Mantan presiden Y Combinator
  • Salah satu pendiri dan CEO OpenAI.

Perjalanan karir Sam Altman

Sam Altman memulai karirnya dengan mendirikan Loopt, sebuah startup aplikasi seluler berbasis lokasi. Loopt sendiri merupakan salah satu dari delapan perusahaan yang tergabung di akselerator startup Y Combinator. 

Setiap startup yang bergabung akan mendapatkan US$6.000 dan Loopt berada di batch pertama bersamaan dengan startup Reddit.

Selama Altman menjadi CEO Loopt, ia berhasil mengumpulkan dana ventura lebih dari US$30 juta. Sampai akhirnya perusahaan tersebut diakuisisi oleh Green DOT Corporation dengan nilai US$43,4 juta di tahun 2012.

Kesuksesan terbesar CEO OpenAI di tahun 2011 saat ia ikut mendirikan Ok Cupid, sebuah platform kencan online gratis. Ok Cupid sukses dan diakuisisi Match Group senilai US$20 juta di tahun 2011.

Pada tahun 2014, Sam Altman mengganti Paul Graham sebagai presiden Y Combinator. Selama Altman memimpin, Combinator telah mendanai lebih dari 2 ribu startup dengan total valuasinya di atas US$100 miliar.

Di tahun yang sama, Altman pernah menjadi CEO Reddit selama delapan hari menggantikan Yishan Wong yang mengundurkan diri. Sam Altman menjabat sebagai dewan direksi Reddit.

Related Topics