NEWS

10 Provinsi dengan Jumlah Kabupaten/Kota Terbanyak di Indonesia

Siapa di urutan pertama?

10 Provinsi dengan Jumlah Kabupaten/Kota Terbanyak di Indonesiailustrasi kabupaten/kota (unsplash.com/Gede Suhendra)
06 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jumlah provinsi di Indonesia saat ini adalah 38 provinsi. Pada bulan Desember 2022, terjadi pemekaran 4 wilayah di Pulau Papua. Secara administratif, provinsi terbagi lagi dengan sejumlah kabupaten/kota.

Perlu diketahui, setiap provinsi memiliki jumlah kota/kabupaten masing-masing. Dari jumlah tersebut, manakah provinsi dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak? Simak selengkapnya di bawah ini!

Mengapa provinsi terbagi lagi dalam kabupaten/kota?

kabupaten
ilustrasi kabupaten (unsplash.com/Asso Myron)

Sesuai dengan Pasal 18 Undang-Undang Dasar 1945, pembagian daerah di Indonesia terbagi atas daerah besar dan daerah kecil yang bentuk serta susunannya diatur dalam perundang-undangan.

Wilayah di Indonesia dibagi dalam daerah provinsi yang terbagi lagi dalam daerah yang lebih kecil lagi, mulai dari kabupaten/kota sampai dengan tingkat kelurahan.

Provinsi dengan kabupaten/kota memiliki keterkaitan sama lain, baik itu dalam status kewilayahan, sistem, serta prosedur pemerintah. Jadi, penyusunan pemerintahan kabupaten/kota dilandasi dari wilayah Provinsi terkait.

Indonesia sendiri menganut asas dekonsentrasi dan desentralisasi. Asas dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah (gubernur).

Sedangkan, desentralisasi adalah penyerahan wewenang pemerintah ke pemerintah daerah otonom, contoh dari Gubernur ke Bupati.

Ada beberapa manfaat diselenggarakan asas tersebut, antara lain:

  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pembangunan, penyelenggaran pemerintah, serta pelayanan kepada masyarakat.
  • Terpeliharanya keselarasan pembangunan nasional sampai ke daerah
  • Terpeliharanya komunikasi sosial masyarakat dan sosial budaya dengan sistem administrasi negara.
  • Menjaga kesatuan NKRI.

Daftar provinsi dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak

masyarakat di kabupaten/kota
ilustrasi masyarakat di kabupaten/kota (unsplash.com/Fikri Rasyid)

Related Topics