NEWS

Berapa Estimasi Penghasilan Shopee Affiliate?

Shopee Affiliate dibayar dalam bentuk komisi.

Berapa Estimasi Penghasilan Shopee Affiliate?Shopee. Shutterstock/Sergei Elagin
09 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pernah melihat cuitan di Twitter yang memuat rekomendasi produk di Shopee, lengkap dengan tautannya? Itu anggota Shopee Affiliate. Kira-kira, berapa gaji Shopee Affiliate?

Adapun, Shopee Affiliate adalah program yang memungkinkan Anda memperoleh penghasilan tambahan, dengan mempromosikan produk yang dijual di Shopee melalui media sosial personal.

Dengan mengikuti program itu, Anda bisa mengantongi komisi dalam besaran tertentu. Caranya, cukup membagikan tautan produk dari situs web Shopee. Sebagaimana yang acap kali Anda temui di kolom pencarian Twitter, saat sedang menelusuri topik tren.

Melansir situs web Shopee, anggota Shopee Affiliate bisa memperoleh komisi tetap sampai 5 persen untuk produk Shopee Mall, Supermarket, Star+, dan Star. Selain komisi tetap, ada pula komisi tambahan, produk gratis, dan bonus komisi 15 persen dari Shopee Affiliates Team. Lantas, jika diestimasikan, berapa gaji Shopee Affiliate?

Berapa gaji Shopee Affiliate?

Jawabannya, berbeda-beda untuk setiap individu. Sebab, penghitungan komisinya pun berbeda. Komisi tetap 5 persen berlaku untuk toko yang dipromosikan, sedangkan komisi tetap untuk toko yang tak dipromosikan hanya 1 persen.

Adapun, untuk menghitung total komisi per transaksi, Anda dapat memakai formula berikut:

Nilai komisi = persentase komisi x harga (yang dibayarkan pembeli ketika checkout).

“Komisi terhitung setelah selesainya transaksi yang sah dari produk Star Seller/Star+/Mall pada platform Shopee,” tulis Shopee dalam situs web resminya.

Lebih lanjut, batas komisi tetap per transaksi yang dianggap valid adalah Rp10.000. Akan tetapi, jika produk mempunyai komisi ekstra (Komisi XTRA), tak ada batas maksimum per transaksi valid.

Contoh: Anda mempromosikan tas dari Toko ABC—toko juga dipromosikan di Shopee—dan tidak disertai Komisi XTRA. Artinya, nilai maksimal komisi per transaksi validnya Rp10.000. Kemudian, selama sepekan, tercatat ada 15 orang yang telah membeli tas itu lewat tautan yang anda sebarkan. Artinya, selama tujuh hari itu, Anda telah mendapatkan komisi Rp150.000 berkat mempromosikan tas dari Toko ABC.

Jika dalam empat minggu trennya tetap seperti itu, maka Anda bisa mengantongi komisi senilai Rp600.000 hanya dari satu produk.

Shopee Partner, komisi lebih besar

Di atas Shopee Affiliate, ada Shopee Partner. Yang membedakan adalah jumlah pengikut/pelanggan dari akun yang Anda gunakan untuk mempromosikan produk Shopee.

Jika Shopee Affiliate berlaku untuk semua pengguna—berapapun pengikut media sosialnya—maka Shopee Partner hanya bisa diikuti oleh akun dengan minimal pengikut/pelanggan 2.000. Selain itu, akun yang sudah mencapai 50 order minimal sekali dalam tiga bulan terakhir juga memenuhi syarat menjadi Shopee Partner.

Komisinya lebih besar. Untuk toko yang dipromosikan, perhitungan komisinya mencapai 10 persen. Sementara itu, toko yang tidak dipromosikan memiliki komisi 2 persen.

Dengan ketentuan nilai maksimal komisi Rp50.000 per transaksi valid. Tapi, jika produk disertai Komisi XTRA, maka tak ada batas maksimal per transaksi validnya.

Related Topics