NEWS

Ini Negara Terdingin di Dunia, Suhu Minus Puluhan Derajat!

Apa saja negara terdingin di dunia? Cek di sini!

Ini Negara Terdingin di Dunia, Suhu Minus Puluhan Derajat!Negara terdingin di dunia. (Pixabay/David Mark)
17 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Negara terdingin di dunia dapat menjadi destinasi liburan Anda, yang ingin merasakan level dingin negara empat musim. Apa saja yang termasuk dalam lis tersebut?

Meski tersebar di berbagai titik di Bumi, negara-negara terdingin itu mempunyai karakteristik yang mirip dari segi geografis. Beberapa di antaranya: terletak dekat dengan kutup atau lingkaran arktik serta negara-negara di wilayah Nordic. Negara-negara terpencil pun berpotensi memiliki suhu yang lebih rendah sehingga lebih dingin.

Beberapa lokasi di dunia pernah mencatatkan rekor suhu terdingin. Salah satunya, Pangkalan Vostok Soviet Antartika pada Juli 1983, dengan suhu minus 89,2 derajat celcius. Itu 30 derajat lebih rendah dari lokasi terdingin setelahnya.

Sebelum menjelajah berbagai belahan Bumi, ketahui lebih dulu mana saja lokasi yang masuk dalam daftar negara terdingin di dunia berdasarkan rata-rata suhu tahunan, dilansir dari situs web Mappr. Berikut perinciannya.

Daftar negara terdingin di dunia

  • Greenland (Denmark)

Ini termasuk pulau terpencil. Lapisan es setebal 4 kilometer menyelimuti 80 persen dari pulau terbesar di dunia ini. Tak ayal, rata-rata suhu tahunan di Greenland mencapai minus 17,18 derajat celcius. Pulau ini merupakan bagian dari Denmark.

  • Kanada

Negara terdingin di dunia selanjutnya, Kanada. Suhu terendah yang pernah tercatat di Kanada adalah minus 63 derajat celcius, tepatnya di Yukon pada 1947. Secara rata-rata, suhu di Kanada berada di level minus 6,36 derajat celcius, lebih hangat dibanding rekor terendah tahunan yakni minus 17,18 derajat celcius.

  • Rusia

Di posisi ketiga suhu tahunan rata-rata terendah ada Rusia, yakni minus 5,16 derajat celcius. Negara ini memegang tiga rekor ‘suhu terendah di lur Antartika’ sepanjang masa. Pada Februari 1892 misalnya, suhu di Verkhoyansk anjlok  ke level minus 67,8 derajat celcius.

  • Mongolia

Ibu Kota Mongolia, Ulan Bator merupakan ibu kota terdingin di negara itu, dengan titik terendah minus 40 derajat celcius di musim dingin. Tapi, karena suhunya bisa melonjak e level 33,9 derajat celcius di musim panas, rata-rata suhu tahunan di Mongolia tak sampai minus, hanya 0,67 derajat celcius.

  • Norwegia

Norwegia berlokasi di lingkaran Arktik. Rata-rata suhu tahunannya adalah 1,78 derajat celcius. Sementara di musim panas, rata-rata suhunya mencapai 18,3 derajat celcius.

  • Kyrgyzstan

Negara pinggiran Timur Tengah yang berlokasi dekat Rusia ini memiliki rata-rata suhu tahunan sebesar 2,22 derajat celcius. Di lembah pegunungan Tian Shan, bahkan suhunya pernah mencapai rekor terendah, yakni minus 53,60 derajat celcius.

  • Islandia

Selanjutnya, ada Islandia. Pulau di Atlantik Utara ini mencatatkan rekor suhu terendah di level minus 22 derajat celcius pada 1971. Tapi, rata-rata suhu tahunannya hanyalah 2,31 derajat celcius.

  • Finlandia

Finlandia ini merupakan negara Skandinavia terdingin kedua, dengan rata-rata suhu tahunan 2,52 derajat celcius. Wilayah paling Utara di negara ini, Lapland, membukukan suhu terendah di level 47,00 deracat celcius pada 1919.

Related Topics