NEWS

Libur Iduladha Mau Jajal MRT? Cek Rute MRT Jakarta Dulu!

Jalur atau rute MRT Jakarta tak sekompleks Transjakarta.

Libur Iduladha Mau Jajal MRT? Cek Rute MRT Jakarta Dulu!Ilustrasi penumpang MRT Jakarta. (dok. MRT Jakarta)
27 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Libur akhir pekan panjang di pekan ini makin dekat. Jalur atau rute MRT Jakarta pun penting untuk diketahui bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu mengelilingi Ibu Kota bersama keluarga!

Untuk saat ini, Moda Raya Transportasi (MRT/Mass Rapid Transit) beroperasi mulai jam 05.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB di hari kerja dan 06.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB pada akhir pekan.

Saat ini, baru MRT Tahap I saja yang beroperasi. Itu terdiri dari 13 stasiun yang terbentang dari Lebak Bulus ke Bundaran HI. MRT Tahap II, yakni Bundaran HI ke Ancol Barat, akan mempunyai 9 stasiun dan diproyesikan mulai aktif pada 2024.

Jalur atau rute MRT Jakarta Tahap I terdiri dari dua tipe, yakni: jalur layang dan jalur bawah tanah. Bagaimana detailnya?

Jalur atau rute MRT Jakarta

Suasana di Stasiun MRT Bundaran HI.
Suasana di Stasiun MRT Bundaran HI. (dok. MRT Jakarta)
  • Jalur Layang: Stasiun Lebak Bulus sampai dengan Stasiun ASEAN

Di jalur layang ini, ada 7 stasiun pemberhentian, yakni Stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan ASEAN. Titik awalnya adalah tempat perawatan kereta atau Dipo MRT. Lokasinya dekat dengan Halte Lebak Bulus. Lalu, titik akhirnya berada di dekat Gedung Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional.

  • Jalur Bawah Tanah: Stasiun Senayan sampai dengan Stasiun Bundaran HI

Di jalur ini, terdapat 6 stasiun, yang terdiri dari: Stasiun Senayan, Stasiun Istora Senayan, Stasiun Bendungan Hilir, Stasiun Setiabudi Astra, Stasiun Dukuh Atas, dan Stasiun Bundaran HI.

Syarat naik MRT Jakarta

Kereta MRT menuju Stasiun Lebak Bulus.
Kereta MRT menuju Stasiun Lebak Bulus. (dok. MRT)

Related Topics