Comscore Tracker
TECH

Cara Menghilangkan Iklan di HP Tanpa Aplikasi yang Kerap Mengganggu

Iklan yang muncul di ponsel acap kali menggangu.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Tanpa Aplikasi yang Kerap MenggangguAplikasi media sosial di ponsel Android. Shutterstock/TY Lim.

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Cara menghilangkan iklan di ponsel Android menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi itu cukup beragam.

Hal tersebut penting karena iklan yang muncul tiba-tiba tidak hanya mengganggu, tapi juga berisiko membuat Anda terpapar malware. Sebab, iklan pada ponsel Android juga dapat mengajak Anda untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas.

Aplikasi yang kebanyakan punya rating rendah di Play Store ini dapat mengandung virus dan malware yang membahayakan keamanan data di ponsel Android Anda. Oleh karena itu, cara menghilangkan iklan di hp Android berikut ini sangat penting untuk Anda lakukan.

1. Aplikasi AdBlock

AdBlock atau Ad Blocker adalah aplikasi yang diciptakan untuk memblokir iklan. Ada banyak aplikasi AdBlock di Google Play Store. Aplikasi ini dapat melakukan penyetelan otomatis agar pengguna dapat berselancar di internet tanpa terganggu iklan. Yang terpenting, jangan mengunduh AdBlock dari situs atau sumber tidak resmi karena justru berisiko memiliki malware.

Ada beberapa tips untuk memilih aplikasi AdBlocker yang bagus, yaitu:

  • Instal AdBlocker hanya dari Play Store
  • Jangan pasang AdBlocker dari luar Play Store agar aman dari malware
  • Pastikan aplikasi AdBlocker dipindai setelah dipasang pada ponsel
  • Pilih aplikasi dengan rating bagus, di atas 4.5 di Play Store
  • Baca deskripsi aplikasi dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

2. Google Play Protect

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Play Protect milik Google Play Store. Walaupun semua aplikasi Google Play Store terjamin aman, Google membuat fitur ini agar ponsel tetap aman dari kemungkinan adanya virus dan malware pada beberapa iklan yang berbahaya.

Inilah cara menghilangkan iklan pada ponsel menggunakan Google Play Protect. Masuk ke Google Play Store, dan pilih menu Play Protect. Lalu, pilih “toggle scan device for security threats” untuk memindai ponsel dari malware atau iklan yang mengganggu.

3. Security Settings

Ini cara termudah dan termurah. Buka pengaturan dan masuk ke Security Settings. Lalu, jangan izinkan mengunduh dari sumber yang tidak jelas. Ini penting untuk memblok ponsel bisa mengunduh aplikasi APK dari sumber yang tidak jelas.

Caranya masuk ke menu Pengaturan atau Settings. Kemudian masuk ke menu Security lalu ke Privacy. Jangan izinkan ponsel untuk memasang aplikasi dari sumber tidak diketahui (unknown source).

4. Menggunakan menu pengaturan browser

Tidak disangka bahwa beberapa browser handphone juga menyediakan fitur AdBlock. Dengan begitu, penggunanya lebih berselancar di internet tanpa perlu terganggu pop up ads yang mengganggu. Sejumlah browser ini di antaranya adalah Google Chrome, UC Browser, dan Opera. Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur AdBlock pada pengaturan browser:

  • Buka browser pilihan yang kamu gunakan.
  • Pilih menu setting atau pengaturan browser. Gunakan ikon titik tiga untuk Google Chrome, ikon tiga garis untuk UC Browser, dan logo Opera untuk Opera Browser.
  • Akses menu Adblock atau Pop-ups and Redirects. Tergantung dari menu yang disediakan pada browser masing-masing.

Nyalakan toggle Pop-up and Redirects atau AdBlock untuk mengaktifkan pemblokiran secara otomatis oleh browser.
 

5. Mematikan koneksi internet termasuk Wifi

Mungkin cara satu ini tergolong simpel, namun cukup ampuh untuk menghilangkan iklan pada ponsel. Apalagi, Anda cukup mematikan koneksi seluler dan Wi-Fi dengan menekan kedua ikonnya pada control center handphone. Dengan begini, iklan tidak akan bisa ditampilkan pada ponsel karena kebanyakan iklan membutuhkan koneksi internet. Selain itu, aplikasi atau game offline juga menjadi pilihan tepat untuk digunakan.


 

Related Topics

Related Articles