TECH

Alasan Raffi Ahmad Bikin Dunia Virtual RansVerse

RansVerse menyediakan ribuan tanah virtual di dalamnya.

Alasan Raffi Ahmad Bikin Dunia Virtual RansVerseArtis sekaligus Chairman Rans Entertainment, Raffi Ahmad, dalam Fortune Indonesia Summit 2022, Kamis (19/5).

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Artis sekaligus Chairman Rans Entertainment, Raffi Ahmad, membeberkan sejumlah alasan untuk membikin RansVerse, yang merupakan sebuah proyek metaverse. Dia menyampaikan niatan membentuk dunia virtual ini merupakan bagian dari ekspansi bisnis baru.

Pernyataan ini disampaikan dalam Fortune Summit 2022 yang digelar di The Westin Jakarta, Kamis (19/5) sore. Acara tersebut merupakan konferensi ekonomi bisnis yang pertama kali diselenggarakan majalah Fortune Indonesia dengan mengangkat tema impact, sustainability, dan growth.

Menurut Raffi, pembentukan RansVerse berdasar atas keinginannya untuk senantiasa bisa berinteraksi dengan fans. Sebab, metaverse memungkinkan orang-orang bertemu dan berkomunikasi tanpa batas ruang.

“Mungkin fansnya Rans bukan yang ada di Jakarta aja, mungkin di luar Jawa, mereka ingin berinteraksi sama kita, ketemu kita,” katanya dalam sesi talk show bertajuk The Future of Media

Dikutip dari Antara, Raffi Ahmad, Rabu (16/3), mengumumkan proyek RansVerse dengan menyediakan 24 ribu tanah virtual di dalamnya. Rafi menyebut telah melibatkan 300 animator untuk proyek ini. Di RansVerse, setiap orang juga akan bisa memiliki aset digital dengan menggunakan $VCG token.

“Jadi kita berpikir kalau RansVerse kita buat kota sendiri. Raffi Ahmadnya, misalnya, berbentuk apalah orangnya dengan fantasinya dia, terus kita bisa berinteraksi di situ, kita bisa beli tanah di situ,” ujarnya. “Meskipun kita masih mempelajari akan hal itu, itu rasa-rasanya akan seru juga.”

Majalah Fortune Indonesia untuk pertama kalinya menggelar Fortune Indonesia Summit 2022. Acara ini menampilkan 31 pembicara dari multi-stakeholder serta pebisnis paling berpengaruh di Indonesia, dan diadakan selama dua hari pada 18-19 Mei 2022.

Ekspansi bisnis baru & kolaborasi

Artis sekaligus Chairman Rans Entertainment, Raffi Ahmad, dalam Fortune Indonesia Summit 2022, Kamis (19/5).

Pun begitu, RansVerse merupakan bentuk ikhtiar dari Rans Entertainment untuk mencoba bisnis baru, menurut Raffi Ahmad. “Jadi memang ya ini adalah salah satu langkah kami juga untuk mengepakkan sayap untuk memperbesar sayap kita juga,” ujarnya.

Bisnis Raffi Ahmad melalui RANS Entertainment memang memiliki banyak lini portofolio, mulai dari makanan, fesyen, otomotif, digital, hingga olahraga. Selain menaungi rumah produksi RA Picture dan RANS Music, RANS Entertainment memiliki banyak bisnis lainnya. Sebut saja, RANS Animation Studio, RANS Beauty, RANS eSports, hingga klub olahraga bola basket dan sepak bola RANS Cilegon FC.

Raffi menambahkan dalam proyek RansVerse ini dirinya bekerja sama dengan sejumlah pihak, termasuk VCGamers.

Sementara itu, Co-Founder and Chairman VCGamers, Wafa Taftazani, mengatakan RansVerse adalah metaverse yang menggunakan teknologi blockchain sebagai fondasi. Menurutnya, terdapat sejumlah fitur yang ada di dalam RansVerse.

“Nanti memang akan ada aktivitas seperti gim, konten yang bisa ditonton, kita juga mau ada e-commerce sistem juga. Tentunya perdagangan barang dan jasa juga,” ujar Wafa.

Menengok situs ransverse.vcgamers.com, RansVerse menyatakan setiap orang dapat menjadi bagian dari komunitas di dunia dimaksud, baik gamer maupun pembuat konten. RansVerse memungkinkan penggunanya untuk menghadiri konser musik, bermain gim, dan bahkan membuat serta memperdagangkan aset yang tidak dapat dipertukarkan (non-fungible token/NFT).

RansVerse berlaku untuk semua orang, katanya. Di antaranya: pemain (players), pemilik brand, pelaku hiburan, investor, dan pengembang atau penerbit gim.

Related Articles