TECH

Kelebihan dan Kekurangan Instagram Threads Dibanding Twitter

Baru dirilis hari ini!

Kelebihan dan Kekurangan Instagram Threads Dibanding Twitterilustrasi instagram threads (dok. Google Play)
06 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat beberapa kelebihan Instagram Threads dibanding aplikasi berbasis teks lainnya. Seperti yang diketahui, Instagram Threads atau IG Threads adalah aplikasi microblogging besutan Meta. 

Aplikasi resmi rilis per Kamis, 6 Juli 2023 dan tersedia secara gratis, baik pengguna iOS maupun Android. 

IG Threads diluncurkan bertepatan dengan permasalahan teknis Twitter yang melakukan pembatasan limit jumlah cuitan yang dibaca. Banyak pengguna Twitter yang kecewa dengan kebijakan tersebut, sehingga menganggap aplikasi Twitter sudah tidak “seasyik” sebelumnya.

Hadirnya IG Threads menjadi alternatif bagi pengguna yang media sosial berbasis microblogging atau berfokus pada teks.

Meski begitu, setiap aplikasi tak terlepas dari kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut artikel yang membahas lebih lanjut mengenai kelebihan, kekurangan, serta cara membuat akunnya.

Kelebihan Instagram Threads

Berikut ini beberapa kelebihan Instagram Threads dibanding Twitter yang perlu Anda ketahui

1. Langsung login menggunakan akun Instagram

Anda tidak perlu repot membuat mendaftar atau membuat akun untuk IG Threads. Anda bisa melakukan login otomatis menggunakan akun Instagram Anda.

2. Mengikuti semua akun yang sudah diikuti di Instagram

Threads menawarkan Anda untuk bisa mengikuti akun yang sudah Anda diikuti di Instagram. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mencari akun Threads teman Anda.

Selain itu, akun yang mengikuti Anda juga mendapat notifikasi melalui Instagram mengenai Threads Anda. Dengan begitu, mereka bisa meng-follow dengan mudah.

3. 500 karakter dalam satu kali post

Para pengguna bisa membuat tulisan sebanyak 500 karakter dalam satu kali post untuk seluruh akun. Berbeda dengan Twitter yang membatasi karakter posting-an berdasarkan jenis akunnya, di mana pengguna reguler dibatasi hanya 280 karakter saja.

4. Bisa memposting 10 foto sekaligus

Kelebihan Instagram Threads lainnya adalah pengguna bisa mengunggah postingan 10 foto dalam satu kali posting-an. Sedangkan, Twitter hanya bisa mengunggah 4 foto saja dalam satu kali tweet.

5. Menggunakan bahasa Instagram

Threads masih mengadopsi bahasa Instagram, sehingga pengguna Instagram tidak akan kesulitan dalam menggunakan Threads.

Kekurangan Instagram Threads

Meski begitu, kekurangan dari Threads adalah hanya bisa login menggunakan akun Instagram saja. Dengan kata lain, aplikasi ini hanya diperuntukkan bagi pengguna yang telah memiliki akun Instagram sebelumnya.

Jika ingin menghapus akun Threads, Anda harus menghapus akun Instagram yang digunakan untuk masuk ke Threads. Akhirnya, Anda hanya bisa menghapus semua Threads yang sudah diunggah jika ingin menghilangkan jejak digital dari sana.

Related Topics