10 Faktor Penentu Keberhasilan Usaha

Keberhasilan usaha: peningkatan hasil dari sebelumnya.

10 Faktor Penentu Keberhasilan Usaha
ilustrasi food truck (unsplash.com/Arturo Rey)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Setiap usaha memiliki strategi dan target untuk bisa mencapai kesuksesan usaha. Namun, keberhasilan usaha ini tak didapat secara instan, ada sejumlah faktor yang jadi penentunya. Apa saja itu? 

 Menurut Sujuti Jahja dalam repository Universitas Muhammadiyah Malang, keberhasilan usaha adalah suatu keadaan di mana usaha mengalami peningkatan hasil dari hasil sebelumnya. Dalam hal ini, tujuan sebuah bisnis adalah laba atau keuntungan.

Terdapat banyak faktor yang bisa jadi penentu keberhasilan atau kegagalan sebuah bisnis. Tak hanya berkaitan strategi di lapangan, tapi masih banyak faktor lain yang saling terkait dan melengkapi, sampai akhirnya membuat sebuah usaha berhasil meraih tujuannya.

Menukil dari buku Manajemen Kewirausahaan Kontemporer yang ditulis Ady Inrawan, Fortune Indonesia akan mengulas sejumlah faktor–baik eksternal maupun internal–yang berdampak pada keberhasilan usaha.

1. Peluang usaha

Peluang usaha merupakan sebuah kesempatan emas yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Seorang pengusaha harus selalu jeli melihat berbagai peluang, termasuk siap menghadapi risiko yang kemungkinan terjadi. Dengan demikian, momentum untuk mencapai sebuah bisnis yang menguntungkan pun akan selalu terbuka. 

2. Sumber daya manusia (SDM)

Sebuah bisnis tak akan bisa berjalan tanpa dukungan SDM. Kualitas para pekerja juga akan mempengaruhi keberhasilan bisnis perusahaan. Oleh sebab itu, selain membutuhkan dukungan SDM yang mempuni, perusahaan yang memiliki kemampuan mengelola SDM, termasuk kemampuan memecahkan masalah, SDM yang memiliki talenta kepemimpinan yang baik, bagian penjualan yang punya jaringan dan kemampuan  serta badan pengawas yang cermat dengan daya analisis tinggi.

3. Keuangan

Keuangan menjadi faktor kunci yang mendukung kuatnya sebuah perusahaan, layaknya bensin bagi kendaraan bermotor.,

Arus kas yang sehat dan kuat perlu untuk diwujudkan, dengan sejumlah cara, antara lain: anggaran dan biaya yang terkontrol, permodalan yang menyeluruh, perencanaan biaya yang matang, perhitungan rasio keuangan yang detail dan lengkap, serta struktur biaya yang tersusun rapi dan bertumbuh secara konsisten.

4. Perencanaan

Faktor perencanaan menjadi salah satu dasar kuat dalam membangun sebuah bisnis dan menentukan kesuksesannya ke depan. 

Perencanaan dibutuhkan untuk mengawal jalannya perusahaan tetap berada di jalur yang tepat sekaligus meminimalisir segala bentuk kegagalan usaha. 

5. Organisasi

Organisasi menjadi faktor internal dan bagian penting yang berperan untuk mengontrol kegiatan kerja. Oleh karena itu, agar mencapai keberhasilan, organisasi usaha harus bisa terstruktur dengan baik.

Beberapa yang bisa dilakukan untuk mencapainya, hal-hal yang perlu disiapkan antara lain: menentukan jenis pekerjaan, membangun hubungan kerja yang baik antarbagian, punya batasan jelas antara pekerjaan dan kehidupan personal, jalur komunikasi yang matang dan jelas, serta kemampuan untuk memahami tanggung jawab masing-masing pekerja sesuai dengan pekerjaannya.

6. Manajemen usaha

Setelah matang di perencanaan dan pembagian tugas atau job desk, tahap berikutnya yang harus diperhatikan adalah manajemen usaha.

Manajemen usaha diartikan sebagai kegiatan mengatur jalannya suatu usaha agar tetap berjalan dengan baik, dengan membuat program kerja yang telah direncanakan atau disebut action plan.

Kegiatan pengelolaan usaha ini bisa mencakup tahap produksi, pengelolaan keuangan,  stok barang  aset dan melibatkan strategi pemasaran.

7. Pemasaran

Pemasaran juga menentukan kesuksesan sebuah usaha. Pemesaran  berperan penting dan bisa menjadi sebagai ujung tombak perusahaan menggaet pasar dan menghasilkan keuntungan di masa depan.

Maka dari itu, diperlukan keterampilan pemasaran yang baik untuk mendukung sebuah bisnis agar bisa berhasil.

8. Pemerintah

Faktor ini adalah bagian eksternal dari perusahaan yang cukup menentukan bagi keberhasilan sebuah bisnis.

Selain regulasi, ada sejumlah situasi yang berkaitan pemerintah, seperti kondisi perekonomian nasional, situasi politik, tingkat demokrasi, sampai dengan birokrasi yang efektif dan efisien.

9. Non-pemerintah

Sementara itu, ada faktor eksternal lain yang tidak berhubungan dengan pemerintah, namun cukup berpengaruh pada keberhasilan usaha, seperti: tingkat pendidikan, sistem perekonomian, infrastruktur, hingga budaya masyarakat. Hal ini harus diperhatikan dan perlu dipastikan bisa selaras dengan perusahaan.

10. Catatan bisnis

Faktor keberhasilan usaha yang terakhir yaitu ditentukan dari catatan bisnisnya. Masalahnya, tidak sedikit perusahaan yang sulit bahkan tidak bisa berkembang karena tidak mengetahui bagaimana bisnisnya itu berjalan.

Pemilik bisnis bisa memantau perkembangan bisnis dari waktu ke wakti dengan melihat catatan bisnis, semisal laporan keuangan, laporan laba-rugi, neraca saldo, laporan perubahan modal; atau SDM, seperti jumlah karyawan, jenis posisi, profil, atau tingkat produktivitas.

Demikianlah sejumlah faktor yang bisa jadi penentu keberhasilan usaha. Semoga membantu. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu