5 Tips Tawar Menawar Untuk Dapatkan Harga Murah Saat Belanja

Yang paling utama cara mendapatkan kesepakatan harga.

5 Tips Tawar Menawar Untuk Dapatkan Harga Murah Saat Belanja
ilustrasi pasar persaingan sempurna (unsplash.com/Alex Hudson)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dalam kegiatan perdagangan, proses menawar Harga Belanja barang dan jasa adalah hal yang lumrah. Setiap pembeli pasti menginginkan harga terbaik dari pedagang, begitupun sebaliknya penjual pasti ingin meraih harga yang tinggi untuk memperoleh keuntungam.

Meski tak semua situasi belanja–misalnya di supermarket–memungkinkan untuk proses tawar -menawar harga, namun penting bagi Anda untuk memahami dan menguasai dasar dari cara menawar harga. Baik sebagai pembeli atau penjual, Anda perlu mengetahui cara menawar harga, agar bisa mendapatkan kesepakatan terbaik dalam kegiatan perdagangan yang Anda lakukan.

Memang tidak mudah untuk melakukan proses tawar-menawar, apalagi bagi Anda yang mungkin tidak terlalu berlama-lama dalam belanja. Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi etika dalam belanja. Mengutip dari sejumlah sumber, berikut ini sejumlah tips menawar harga saat berbelanja.

1. Bandingkan harga di beberapa toko

Membandingkan harga memang membutuhkan upaya lebih dari sekadar memilih barang di satu toko. Namun, menurut Brilio, hal ini penting, agar Anda mengetahui pasaran harga yang memang beredar di pasar. Paling tidak, Anda tahu harga terendah dan tertingginya.

Dengan demikian, Anda memiliki cukup informasi saat menawar harga di satu toko untuk sebuah dagangan. Selain harga, Anda juga harus membandingkan kualitasnya, karena harga Murah belum tentu punya kualitas buruk, begitu juga sebaliknya.

2. Gunakan Bahasa lokal untuk menawar

Hal ini sangat lumrah dilakukan dalam perdagangan di berbagai daerah. Biasanya, faktor kedekatan suku akan memengaruhi penjual untuk memberikan harga yang lebih murah.

Selain itu, komunikasi yang terjalin pun biasanya akan lebih cair. Hal ini sangat penting dalam sebuah proses tawar-menawar. Meski bukan dari daerah tempat Anda belanja, bila bisa menuturkan Bahasa setempat, sebaiknya Anda menggunakannya saat menawar harga.

3. Tawar harga sewajarnya

Tujuan menawar harga adalah mendapatkan harga semurah mungkin, namun yang lebih penting adalah mendapatkan kesepakatan terbaik dan melancarkan proses jual-beli.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menawar harga setidaknya 50 persen lebih rendah dari harga jual awal yang ditawarkan. Dari tawaran ini, harapannya, harga jual bisa turun 30 persen. Jangan terlalu rendah, karena Anda menunjukkan sikap seolah tak menghormati penjualnya.

4. Bersikaplah sopan dan ramah

Layaknya dalam sebuah komunikasi, kesopanan dan sikap ramah tetap harus jadi yang utama. Gunakan suara lembut dan kata-kata yang halus dalam menawar.

Menurut Jeff Yeager, penulis buku The Ultimate Cheapskate's Road Map to True Riches, usahakan jangan pernah menghardik kualitas barang dagangan. Dengan sikap ini, penjual pun akan merasa lebih dihormati dan peluang Anda mendapatkan potongan harga yang besar pun bisa lebih mungkin terjadi.

5. Lakukan trik yang menyamankan penjual

Alih-alih pura-pura meninggalkan penjual untuk beralih ke toko lain, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menawarkan diri menjadi pelanggan toko tersebut bila mereka memberikan harga murah.

Trik ini sebenarnya sama saja, namun berkesan lebih baik bagi para penjual. Hal ini membuat mereka lebih nyaman dan bisa memberikan harga murah bagi Anda.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam proses tawar-menawar saat belanja, sampai akhirnya Anda bisa mendapatkan harga murah. Ingat, penjual juga sama seperti Anda, ingin mendapatkan harga terbaik dalam proses jual-beli. Selamat berbelanja.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI