7 Cara ‘Cantik’ Memulai Bisnis Kosmetik

Bisnis kosmetik punya potensi yang baik.

7 Cara ‘Cantik’ Memulai Bisnis Kosmetik
Ilustrasi kosmetik. Shutterstock/5 second Studio
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kosmetik adalah salah satu jenis bisnis yang bisa jadi pilihan menarik sebagai opsi memulai usaha. Permintaan untuk semua jenis produk kosmetik terus meningkat dari waktu ke waktu dan berbagai jenis dan permintaannya untuk kosmetik premium berkembang di mana-mana termasuk kelas menengah dari negara-negara berkembang.

Menurut marketresearch.com, pasar kosmetik dunia diperkirakan telah menghasilkan pendapatan mendekati US$62 miliar pada 2016. Dengan hasil ini, pasar kosmetik global diperkirakan meraih US$429,8 miliar pada 2022.

Bisnis ini cukup potensial dan relatif mudah untuk dimulai. Namun, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat memulainya. Berikut cara memulai dan mengembangkan bisnis kosmetik seperti dikutip dari accurate.id.

1. Mengenal standar BPOM

Hal ini adalah langkah fundamental yang harus Anda pahami sebelum memulai bisnis kosmetik. Karena kosmetik berkenaan dengan fisik seseorang, maka peraturan yang berlaku di Indonesia harus dipahami, demi legalitas bisnis ini. Dengan begitu, Anda bisa menjalani bisnis tanpa harus khawatir terjebak masalah hukum.

BPOM merupakan badan pengawas obat dan makanan yang mengelola setiap legislasi, standarisasi, dan regulasi produk-produk makanan dan obat-obatan. Peranan lembaga ini berlaku untuk produk obat tradisional, suplemen makanan, dan kosmetik.

2. Memilih segmen pasar

Seperti langkah untuk memulai bisnis pada umumnya, segmen pasar harus benar-benar ditentukan sejak awal agar bisnis Anda terkonsentrasi dan terencana dengan baik. Persempit bidang spesialisasi atau minat kosmetik, dan jangan coba menjual atau memproduksi terlalu banyak barang pada saat yang sama di awal bisnis Anda.

Pilih bidang spesialisasi Anda yang menampung pengalaman produksi atau penjualan produk kosmetik Anda. Misalnya, Anda tahu sesuatu tentang penjualan riasan organik, riasan efek khusus atau kosmetik mineral dan produk perawatan bibir.

3. Menentukan lokasi

Anda punya opsi untuk memulai bisnis kosmetik dari rumah pada awal usaha Anda. Pilihan lain adalah dengan menyewa toko untuk operasional penjualan, walaupun ini adalah pilihan mahal bagi pemilik usaha kecil. Pilihan ini bisa menentukan biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini.

4. Jual produk secara online

Pilihan menjual secara online mau tidak mau harus dipelajari agar Anda bisa beradaptasi dengan baik dengan tren penjualan terkini. Sebagian besar pelanggan Anda hari ini mencari dan berbelanja di web. Anda harus membuat toko e-commerce untuk menjual produk kosmetik khusus Anda. Menjual produk Anda secara online menyiratkan bahwa Anda akan menarik pelanggan dengan harga serendah mungkin.

Tetapi, pastikan bahwa desain situs web e-commerce Anda mudah diingat dan ramah pengguna. Situs web semacam itu harus menampilkan gambar mengesankan produk kosmetik Anda. Semua detail seperti deskripsi produk, bahan, harga, dan informasi kontak harus disebutkan dengan jelas.

5. Pikirkan publisitas

Jelajahi semua tempat seperti acara yang berlangsung di kota Anda, dan kunjungi salon kecantikan untuk memasarkan produk perusahaan Anda. Anda juga dapat berpikir untuk menyodorkan sejumlah demonstrasi kepada konsumen untuk menyoroti kualitas produk Anda. Yang paling penting, buat halaman media sosial khusus untuk produk kosmetik Anda dan isi dengan banyak gambar dari produk dan deskripsi.

6. Pengelolaan dana

Dengan pengelolaan dana yang cermat, Anda bisa membeli bahan baku untuk menghasilkan produk kosmetik khusus atau untuk membeli produk untuk dijual secara eceran tanpa mengalamai kerugian dan penjualan yang baik.

Untuk memulainya, Anda bisa melakukan pembukuan sederhana untuk bisnis yang Anda mulai. Dengan pembukuan yang benar, seluruh perputaran arus kas akan terencana dan terkelola dengan baik. Pembukuan juga akan membuat bisnis Anda lebih terukur dan mendongkrak tingkat kepercayaan investor.

7. Uji produk

Pengujian produk adalah sebuah langkah yang dibutuhkan untuk menjadi acuan keberlanjutan usaha Anda. Berikan beberapa produk sampel kepada orang-orang di lingkungan tetangga, kerabat, dan teman Anda. Mulailah produksi massal barang kosmetik Anda hanya jika orang memberikan respons positif. Jika Anda ingin memulai bisnis penjualan, cari tahu produk mana yang lebih populer di masyarakat.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis kosmetik. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu