Apa Itu Clickworker? Platform yang Sediakan Banyak Pekerjaan Sampingan

Cocok bagi pencari pekerjaan sampingan dan pekerja lepas.

Apa Itu Clickworker? Platform yang Sediakan Banyak Pekerjaan Sampingan
Clickworker. (Clickworker.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Beberapa waktu terakhir, masyarakat marak membicarakan platform yang menyediakan pekerjaan bagi para pekerja lepas atau mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan sampingan, bernama Clickworker. Lalu, apa itu Clickworker dan bagaimana cara kerjanya?

Clickworker adalah sebuah platform resmi yang menyediakan layanan berbayar untuk menyelesaikan sebuah tugas atau pekerjaan tertentu. Tak hanya bagi pencari kerja, namun para penyedia kerja pun bisa menjadi rekanan dari platform ini.

Website ini sudah berdiri sejak 2005 dan masih terus menyediakan berbagai alternatif pekerjaan bagi mereka yang mengaksesnya.

Pengguna dapat memanfaatkan layanan Clickworker dengan mendaftar terlebih dulu secara online melalui laman resmi Clickworker. Pengguna layanan diharuskan minimal yang sudah berusia 18 tahun dan perlu mengisi informasi seperti username, email, password, jenis kelamin dan gelar akademik. Selanjutnya, Anda juga harus mengisi berbagai informasi yang akan mendasari pekerjaan yang akan ditawarkan, seperti keahlian berbahasa, hobi, pengalaman kerja dan lainnya.

Adapun pekerjaan yang diberikan Clickworker bersifat lepasan dan bisa dikerjakan secara fleksibel, dari mana dan kapan saja. Penggunanya hanya memerlukan perangkat komputer dan terhubung pada jaringan internet.

Setiap pekerjaan akan dihargai sesuai durasi, jenis tugas dan tingkat kesulitan. Besar imbalannya beragam, mulai 0.15 - 3 euro, dan dapat diambil melalui akun PayPal. Selain itu, sistem rating juga diterapkan untuk menilai bagaimana performa pekerja dalam menyelesaikan tugasnya.

Pekerjaan yang relatif mudah dan fleksibel ini sangat cocok bagi para pekerja lepas, atau mereka yang memerlukan pendapatan tambahan selain pekerjaan utamanya. Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa jenis pekerjaan yang tersedia di Clickworker.

1. Data Entry

Tampilan platform Clickworker. (Clickworker.com)

Data Entry biasanya adalah pekerjaan dengan tugas memilah kategori dan indeks data dalam jumlah besar. Tugas yang diberikan, biasanya adalah menandai konten audio, video, maupun gambar.

Data Entry juga bisa berupa tugas untuk memvalidasi data dengan cara menguji informasi online maupun melakukan riset secara online.

2. Survei

Clickworker menyediakan peluang bagi para penyedia kerja dan pencari kerja. (Clickworker.com)

Pekerjaan ini biasanya berupa pendataan yang perlu diisi untuk suatu perihal, tergantung kriteria yang ditentukan oleh pemberi pekerjaan.

3. Tester aplikasi

Ilustrasi pekerjaan pandemi. (Pixabay/Comfreak)

Jenis pekerjaan ini tugas utamanya adalah menguji aplikasi untuk gawai tertentu. Biasanya, hal ini dibutuhkan oleh perusahaan yang baru saja meluncurkan aplikasi terbaru.

Pengguna dapat menginstal aplikasi, mencobanya, kemudian memberikan feedback dan review mengenai aplikasi tersebut.

4. Mystery photography

Shutterstock/DC Studio

Mystery Photography dilakukan para pekerja Clickworker dengan memotret sebuah toko atau restoran untuk memastikan alamatnya. Selain itu, mereka juga harus menyediakan informasi terbaru seputar promo yang ditawarkan toko tersebut.

5. Penerjemah

Penulis. (Pixabay/stevepb)

Pekerjaan ini berupa tugas terkait jasa penerjemahan teks pendek dari berbagai bahasa di dunia. Hal ini merupakan pekerjaan yang sangat umum di kalangan pekerja lepas. Pekerja Clickworker yang punya kemampuan berbahasa asing sangat cocok untuk pekerjaan ini.

6. Menulis

Piqsels

Pekerjaan menulis ini biasanya diberikan untuk berbagai kebutuhan, seperti online marketing. Adapun tulisan yang ditugaskan, misalnya deskripsi produk atau mengatur kategori produk untuk klien e-commerce.

7. Proofreading

Shutterstock/G-Stock Studio

Selain menulis, Clickworker juga menyediakan layanan proofreading atau memperbaiki ejaan, tata bahasa dan gaya bahasa dalam karya tulis. Para pekerja biasanya diminta untuk mengikuti panduan yang diminta oleh klien.

8. Copyediting

Tampilan website Clickworker. (Clickworker.com)

Pekerjaan ini membutuhkan kualifikasi pekerja dalam kapasitas sebagai seorang editor. Tugasnya memastikan bahwa penulis menulis sesuai dengan arahan.

Untuk mengerjakan tugas ini, pekerja Clickworker harus memperhatikan detail kualitas tulisan. Karya tulis yang akan diedit harus sudah diperbaiki tata bahasa dan ejaannya.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu Clickworker dan deretan pekerjaan yang banyak ditawarkan oleh platform ini. Semoga bermanfaat!

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Laba PTRO Q1-2024 Amblas 94,4% Jadi US$163 Ribu, Ini Penyebabnya
Waspada IHSG Balik Arah ke Zona Merah Pascalibur
Laba Q1-2024 PTBA Menyusut 31,9 Persen Menjadi Rp790,9 Miliar
Laba Q1-2024 Antam Tergerus 85,66 Persen Menjadi Rp238,37 Miliar