Sikapi Rencana Kenaikan Harga BBM, APINDO: Dampaknya Kompleks

Kenaikan BBM akan menekan daya beli dan mengerek inflasi.

Sikapi Rencana Kenaikan Harga BBM, APINDO: Dampaknya Kompleks
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kalangan usaha buka suara perihal wacana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu delat. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengatakan, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan member dampak luas yang cukup kompleks.

Ketua Komite Analis Kebijakan Ekonomi Apindo, Ajib Hamdani, menyebutm ada dua hal yang perlu dicermati di tengah wacana kenaikan ini. “Yang pertama, adalah bagamana kenaikan harga BBM akan memberikan tekanan kepada daya beli masyarakat, padahal daya beli dan konsumsi masyarakat menjadi penopang signifikan dari pertumbuhan ekonomi,” ujarnya dalam keterangan, Rabu (31/8).

Hal kedua, bagaiama kenaikan harga BBM bisa semakin mengerek inflasi. “Inflasi di kuartal kedua 2022 sudah mencapai 4,94 persen, untuk itu perlu solusi-solusi terbaik untuk menekan inflasi,” katanya.

Pengusaha belum siap

Armada distribusi Pertamina. (Dok.Pertamina)

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Apindo, Shinta Widjaja Kamdani, mengatakan kalangan usaha belum siap dengan keputusan kenaikan harga BBM, meskipun alasan pemerintah sangat bisa dipahami. Menurutnya, saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk menaikkan harga BBM.

“Pemerintah mencoba mengatakan kelihatanya tidak ada pilihan, tetapi kita coba untuk mempersiapkan insentif untuk membantu pelaku. Mungkin di sini kita harus saling kompromi jalan keluarnya apa,” kata Shinta dalam keterangannya, Selasa (30/8).

Lonjakan harga pangan

Sejumlah pedagang menata sayur dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (2/2/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Dalam Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (Rakerkonas) Apindo, Selasa (30/8), Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani, mengatakan bahwa kekhawatiran pada kenaikan harga BBM bersubsidi yang bisa berdampak ke inflasi, sebenarnya sudah didahului oleh lonjakan harga bahan pokok makanan.

Menurutnya, ini terjadi karena pengelolaan bahan baku makanan belum berjalan optimal dan pencarian substitusi produk impor masih jadi tantangan bagi para pengusaha.

“Susu yang diperlukan oleh generasi penerus kita, 80% masih impor. Begitu juga dengan bawang yang masih impor. Belum lagi yang terkait dengan bidang peternakan, sampai hari ini kita masih impor daging sapi,” katanya.

Dampak kenaikan harga BBM

Sejumlah kendaraan mengantre di salah satu stasion pengisian bahan bakar umum (SPBU) lintas Nasional Lhokseumawe, Aceh. (30/3). (ANTARAFOTO/Rahmad)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengingatkan bahwa kenaikan harga BBM akan berdampak pada kenaikan pada komponen biaya transportasi dan logistik. Pemerintah pun mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan sejumlah bantalan sosial maupun subsidi transportasi.

“Saya minta Gubernur, Bupati, Wali Kota berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait mengalokasikan anggaran bantuan kepada masyarakat, melalui bantuan sosial (bansos) atau subsidi terhadap sektor transportasi dan UMKM. Saya minta dipastikan bantuan dialokasikan tepat sasaran,” kata Luhut dalam keterangannya, Selasa (30/8).

Beberapa jenis bantuan yang disiapkan tersebut adalah bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp12,4 triliun yang menyasar 20,65 juta KPM; bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp9,6 triliun untuk 16 juta pekerja; dan juga earmark 2 persen dari Dana Transfer Umum sebesar Rp2,17 triliun melalui program perlindungan sosial dan penciptaan lapangan kerja.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan