Arti Penerbangan Codeshare dan Berbagai Keuntungannya

Penerbangan codeshare memungkinkan perluasan jangkauan.

Arti Penerbangan Codeshare dan Berbagai Keuntungannya
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Garuda Indonesia memperluas kerja sama penerbangan codeshare dengan masakapai nasional Uni Emirat Arab (UEA), Etihad Airways untuk memperluas jangkauan jaringan penerbangan kedua maskapai ke berbagai destnasi dunia. Apakah yang dimaksud penerbangan codeshare?

Melansir laman resmi maskapai penerbangan Jepang, ANA Air, codeshare merupakan suatu perjanjian antar maskapai penerbangan dengan fungsi memberikan pilihan tujuan yang lebih luas bagi penumpang. Dengan bermitra dengan maskapai lain, perusahaan maskapai semakin mudah menghubungkan rute penerbangan-penerbangan antarkota seluruh dunia.

Saat penumpang memesan penerbangan codeshare, tiket akan memuat nomor penerbangan maskapai tempat memesan perjalanan, meskipun beberapa bagian perjalanan akan berada di penerbangan lain yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan lain. Dengan demikian tiket yang diterima juga memuat nomor penerbangan lain dari yang utama.

Maskapai yang mengoperasikan penerbangan, baik yang menyediakan pesawat, awak pesawat, dan layanan penanganan darat, disebut sebagai maskapai operator. Sementara, perusahaan yang hanya menjual tiket untuk namun tidak mengoperasikannya disebut maskapai penjual.

Codeshare

Pesawat Terbang. (Pixabay)

Istilah codeshare mengacu pada sistem identifikasi yang biasa tertera di jadwal penerbangan dan tiket. Misalnya kode GA123 merujuk pada Garuda Indonesia Airlines dengan nomor penerbangan 123. Kode inilah yang dikolaborasikan dengan menggabungkan dua penerbangan menjadi satu jalur bersama.

Kerja sama ini memungkinkan akses yang lebih besar menuju berbagai kota melalui jaringan sebuah maskapai tanpa perlu menyediakan penerbangan tambahan, dan membuat jaringan lebih sederhana, karena memungkinkan memesan satu tiket untuk penerbangan dengan beberapa pesawat.

Sebagian besar maskapai penerbangan besar di dunia melakukan kerjasama codeshare dengan maskapai penerbangan lain dan codeshare menjadi bagian utama dalam aliansi maskapai penerbangan.

Tujuan

Sejumlah calon penumpang pesawat antre di loket lapor diri Terminal 2 keberangkatan domestik Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (30/4). (ANTARAFOTO/Fauzan)

Tujuan penerapan penerbangan codeshare, adalah mempermudah koneksi penerbangan dan memperluas layanan, yang diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi para penumpang. Salah satunya, melalui penerbangan codeshare Anda dapat terbang ke rute-rute yang tidak disediakan oleh maskapai sebelumnya dengan menaiki maskapai mitra melalui penerbangan lanjutan dalam satu tiket.

Dalam kerja sama Garuda Indonesia dengan Etihad Airways, kolaborasi seamless connectivity dibangun untuk menghubungkan Indonesia ke destinasi dunia, begitu pun sebaliknya. “Diharapkan dapat turut mendukung penuh penguatan ekosistem pariwisata nasional  secara berkelanjutan selaras dengan potensi kunjungan wisatawan mancanegara yang semakin menjanjikan di masa pemulihan pandemi,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, (15/11).

Keuntungan

ANTARA FOTO/Fauzan/aww

Penerbangan codeshare memiliki sejumlah keuntungan, baik bagi para penumpang maupun maskapai penerbangan. Keuntungan tersebut, antara lain:

  1. Memungkinkan jalur yang lebih jelas bagi pelanggan, memungkinkan perjalanan dari satu daerah ke daerah lain dengan melalui daerah lainnya, hanya dengan satu kode maskapai. Dengan demikian, layanan pun akan lebih sederhana dengan penanganan yang relatif lebih cepat.
  2. Tanggung jawab penerbangan ditanggung bersama, sehingga penumpang pun lebih terjamin jadwal penerbangannya.
  3. Bagi masakapai penerbangan, memungkinkan adanya peningkatan frekuensi penerbangan bagi satu maskapai.
  4. Memungkinkan pemberian layanan pasar kosong, hal ini menjadikan sebuah maskapai yang tidak mengoperasikan pesawat ke rute tertentu untuk menampilkan rute tersebut ke kota tujuan mereka dalam nomor penerbangannya sendiri.
  5. Jika sebuah maskapai mengorbankan kapasitasnya untuk dipakai maskapai lainnya sebagai rekanan, maka biaya operasi kapasitas tersebut akan dianggap bernilai nol.

Itu tadi sekilas informasi mengenai penerbangan codeshare. Semoga membantu pembaca lebih mengenal istilah tersebut. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M