Blibli Rambah Transportasi Ramah Lingkungan untuk Kurir Logistik

Bagian komitmen ESG Blibli wujudkan sustainable e-commerce.

Blibli Rambah Transportasi Ramah Lingkungan untuk Kurir Logistik
Blibli resmi memperkenalkan e-bike ramah lingkungan untuk layanan logistiknya. (dok. Blibli)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perusahaan platform e-commrece, Blibli menyediakan transportasi ramah lingkungan bagi armada kurir logistik, BES Paket yang dikhususkan untuk pengantaran produk fresh and frozen di area Jabodetabek. Upaya ini dilakukan untuk memperkuat komitmen Excellence Operations dan Sustainability perusahaan. 

Lisa Widodo, COO dan Co-Founder Blibli mengatakan bahwa transportasi ramah lingkungan yang disediakan ini berupa e-bike. Untuk itu, perusahaan bekerja sama dengan Smoot Motor Indonesia, pionir motor listrik tanpa cas di Indonesia.

“Sebagai omnichannel commerce dengan prinsip sustainable business, Blibli berkomitmen untuk mengimplementasi paham ESG di setiap operasional perusahaan sekaligus memperkuat operational excellence kami,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (22/7).

Blibli berharap dapat memberi dampak berkelanjutan terhadap lingkungan. Blibli juga telah menjalankan kegiatan logistik yang ramah lingkungan melalui desain warehouse yang hemat listrik, penggunaan e-forklift, pengelolaan air secara efisien dengan rain water tank, dan pemanfaatan wrapping paper hasil daur ulang limbah kardus.

Bagian komitmen sustainable e-commerce

Peluncuran e-Bike ebagai salah satu komitmen Blibli membangun bisnis yang berkelanjutan. (dok. Blibli)

Upaya penyediaan e-bike ini adalah bagian dari penegasan komitmen sustainable e-commerce dengan prinsip Environmental, Social, and Good Governance (ESG) dan dukungan target pemerintah untuk mengurangi gas rumah kaca (GRK) CO2 hingga 29 persen pada 2030.

Selain itu, Blibli juga turut menyukseskan bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025 dan 31 persen di 2030, sekaligus mendorong industri otomotif untuk memproduksi kendaraan bermotor sesuai dengan tren global.

“Kami terus memberikan kualitas produk, layanan, yang berkelanjutan disertai inovasi tanpa kompromi yang berpusat pada kepuasan pelanggan,” katanya.

Komitmen menjamin kepuasan pelanggan

Warehouse Blibli. (Dok. Blibli)

Penyediaan kendaraan listrik ramah lingkungan ini, kata Lisa, juga menjadi bagian dari kesiapan operasional perusahaan dalam memenuhi pesanan, untuk menjamin kepuasan pelanggan di setiap pengalaman belanja.

“Didukung dengan komitmen dalam memberikan pengalaman Pasti Puas, Pasti di Blibli, kami pun menghadirkan sistem operasional yang prima dan terpadu, termasuk di bidang logistik, agar pelanggan bisa menikmati pengalaman retail terbaik tiap memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” ujar Lisa Widodo.

Jaminan keamanan dan kecepatan logistik

Ilustrasi situs Blibli. (Shutterstock/Monticello)

Lisa mengklaim, bila dibanding pelaku e-commerce lain, Blibli memiliki kelunggulan pada jaminan keamanan dan kecepatan layanan logistik pada setiap pesanan yang dikirim. Bahkan, barang yang dikirim akan tetap terjaga dalam kualitas terbaik sampai di tangan pelanggan.

Salah satu solusi yang ditawarkan adalah Fulfillment by Blibli yang memiliki 14 warehouses 24 jam dengan total luas lebih dari 130,000 m2, 33 hubs, serta armada pengiriman BES Paket dengan 750 tenaga profesional dan berpengalaman.

Menurutnya, Blibli terus berinovasi dalam menyediakan layanan logistiknya melalui berbagai layanan bernilai tambah seperti gratis ongkir, solusi pengiriman 2 Jam sampai, trade-in dan scheduled delivery, hingga kebijakan retur dengan rentang waktu sampai 15 hari. Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan 20 mitra logistik untuk memberi pilihan metode pengiriman yang lebih luas bagi pelanggan.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal