Cara Mengirim Uang di Gerai Alfamart, Mudah dan Praktis

Alfamart tak hanya jual produk, namun juga layanan jasa.

Cara Mengirim Uang di Gerai Alfamart, Mudah dan Praktis
Ilustrasi Alfamart. (dok Alfamart)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Siapa tak kenal Alfamart? gerai ritel modern ini cukup ekspasif dan menjamur di beberapa lokasi, bahkan perusahaan induknya masuk dalam jajaran Fortune 100 pada 2022. Selain menjual kebutuhan sehari-hari, Alfamart juga memiliki sejumlah layanan mulai dari pembayaran tagihan bulanan, penarikan uang, sampai pengiriman uang.

Dalam layanan pengiriman uang, Alfamart bekerja sama dengan fasilitas True Money. “Untuk membantu masyarakat yang biasanya kesulitan menjangkau ATM, atau sulit mendapatkan akses ke bank maupun kantor pos, ketika akan mengirimkan uang tunai,” tulis dikutip dari laman resmi, Jumat (13/1).

Menurut Alfamart, cara pengiriman ini cukup mudah dan praktis, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut ulasannya. 

1. Menyiapkan data diri

Alfamart. (Shutterstock/Ani Fathudin)

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk bisa mengirim uang lewat layanan Alfamart adalah menyiapkan data diri, seperti KTP, Paspor, atau SIM.

Anda bisa membawa kelengkapan data ini beserta fotokopinya untuk selanjutnya diserahkan kepada kasir Alfamart, sembari memberitahukan keperluan yang diinginkan saat itu untuk melakukan pengiriman tunai.

2. Mengisi formulir

ilustrasi uang (unsplash.com/ Mufid Majnun)

Langkah berikutnya, Anda akan diminta Anda mengisi data diri secara lengkap dalam formulir. Kasir kemudian akan meminta informasi nomor handphone Anda yang aktif sebagai pengirim serta nomor telepon pihak penerima uang.

3. Menyiapkan uang tunai

ilustrasi uang (unsplash.com/ Mufid Majnun)

Setelah pengisian formulir usai, Anda bisa langsung memberikan uang tunai yang akan dikirimkan kepada kasir. Besaran pengiriman uang bisa dilakukan mulai dari Rp10.000 hingga Rp5.000.000.

Setiap pengiriman uang akan dikenakan biaya administrasi yang beragam antraRp15.000 – Rp25.000. Selanjutnya, kita hanya perlu menunggu kasir melakukan proses transaksi yang berlangsung sekitar beberapa menit.

4. Terima kode MCTN

Papan kolaborasi Alfamart dan Bank Aladin/Shutterstock Andi Irhandi

Saat transaksi selesai, berikutnya Anda akan menerima kode Money Transfer Control Number (MTCN) yang merupakan kode penerimaan uang. Kode ini akan digunakan oleh penerima uang kiriman, untuk mencairkan uang yang dikirimkan di sejumlah gerai Alfamart terdekat.

Perlu diingat, tanpa kode ini, maka pihak penerima tidak bisa mencairkan uang yang Anda kirimkan. Maka dari itu, pengirim uang perlu memastikan bahwa kode tersebut sudah diterima dengan aman. Hanya pihak penerima yang boleh menggunakan kode ini untuk pengambilan uang.

Menyerahkan MCTN pada penerima

Alfamart. (dok. Alfamart)

Langkah terakhir adalah menyerahkan kode MCTN kepada penerima uang yang dituju, bisa melalui pesan singkat atau telepon. Kemudian, penerima uang bisa menggunakan MCTN tadi untuk mengambil uang yang Anda kirimkan di gerai Alfamart terdekat.

Perlu diperhatikan, masa berlaku penyerahan kode hanya satu bulan, sebelum kasir melakukan proses pencairan dengan menggunakan kode tersebut. Untuk menjamin keamanan, kasir akan melakukan validasi pada kode MCTN milik penerima.

Bila kode MTCN hilang sebelum uangnya sempat dicairkan, kita bisa hubungi customer service TrueMoney di nomor 08041000100, untuk memroses kode pengiriman baru.

Demikianlah proses yang harus dilewati saat kita akan melakukan pengiriman uang melalui gerai Alfamart. Layanan ini memberikan kemudahan bagi para pelanggan Alfamart untuk bertransaksi dimana saja. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan