Cara Meningkatkan Brand Awareness agar Bisnis Dikenali Konsumen

Brand awareness jadi langkah pertama untuk dapat pelanggan.

Cara Meningkatkan Brand Awareness agar Bisnis Dikenali Konsumen
Ilustrasi brand awareness. (Pixabay/geralt)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui cara meningkatkan brand awareness agar bisnisnya bisa dikenali oleh banyak orang.

Seperti yang diketahui, brand awareness atau kesadaran merek adalah kemampuan suatu bisnis untuk dikenali dan diingat oleh konsumen, baik dari sisi produk maupun mereknya.

Lantas, seberapa penting brand awareness? Bagaimana cara meningkatkan brand awareness? Untuk lebih jelasnya, simak artikel di bawah ini.

Peran brand awareness dalam sebuah bisnis

Brand awareness atau kesadaran merek memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Ini karena brand awareness bisa memengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan produk Anda pertama kalinya.

Kesadaran merek juga dapat membuat konsumen melakukan pembelian selanjutnya. Hal ini terjadi karena merek tersebut sudah familier bagi konsumen. 

Perusahaan setiap tahunnya menyiapkan dana khusus dalam upaya meningkatkan brand awarenes, yakni mulai dari melakukan kampanye di media sosial, memasang iklan, dan lain-lain.

Jika terdapat penurunan brand awareness, perusahaan akan melakukan serangkaian cara untuk mengembalikan tingkat kesadaran merek tersebut.

Terdapat tiga tingkatan brand awareness yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Brand recognition atau aided recall

Kemampuan konsumen untuk mengingat sebuah produk saat melihat produk dari sebuah bisnis. Misalnya, konsumen tahu produk sabun cuci piring tersebut suatu merek tertentu saat melihat produk tersebut

Brand recall atau unaided recall

Kemampuan konsumen untuk mengenai nama dari suatu merek dari saat melihat sekilas produk tersebut. Contohnya, saat mendengar merek Wardah, maka yang terbayang oleh konsumen adalah produk kosmetik dari Wardah, seperti bedak, lipstik, dan lain-lain.

Top-of-mind awareness

Sebuah produk atau merek yang muncul dalam pikiran konsumen saat membahas kategori tertentu. Misalnya, saat membayangkan mie instan, maka yang terlintas dari konsumen langsung Indomie.

Indikator brand awareness

Terdapat tiga indikator brand awareness yang memberikan gambarkan apakah Anda telah berhasil melakukannya, di antaranya:

Engagement di media sosial

Keberhasilan brand awareness ditunjukkan dari peningkatan engagement di media sosial, seperti jumlah followers, like, komen, dan lain-lain.

Traffic website

Jika banyak yang tertarik dengan bisnis Anda, maka semakin banyak pula orang yang berkunjung ke website bisnis Anda.

Anggapan orang lain

Indikator brand awareness lainnya adalah anggapan orang lain saat mendengar nama merek atau produk Anda. Jika orang lain berkata hal yang buruk mengenai merek Anda, maka tanggapan negatif ini bisa menular ke calon konsumen lainnya. 

Namun, jika konsumen merasa puas dengan produk tersebut, hal ini bisa memengaruhi calon konsumen lainnya untuk menggunakan produk Anda.

Cara meningkatkan brand awareness

Berikut ini terdapat 7 cara meningkat brand awareness yang jitu dan bisa Anda coba:

1. Bekerja sama dengan perusahaan yang sudah terpercaya

Kolaborasi dengan banyak brand yang sudah terkenal dan dipercaya masyarakat dapat menjadi pilihan strategi membangun brand awareness. Kerja sama ini bisa membuat brand Anda juga makin dikenal dan dipercaya.

Dua brand yang bekerja sama tak harus selalu berkaitan. Kreatifitas sangat dibutuhkan dalam kolaborasi antar brand yang bergerak di lini berbeda. Misalnya, brand kosmetik berkolaborasi dengan brand makanan dalam sebuah kampanye ramah lingkungan.

2. Menjadi sponsor acara

Menjadi sponsor sebuah acara juga dapat dijadikan salah satu cara meningkatkan brand awareness. Melalui strategi ini, brand bisa semakin dikenal luas, terutama oleh para pengunjung acara tersebut.

Biasanya, strategi yang bisa dilakukan dengan meletakkan logo sebuah brand pada kaos, suvenir, ataupun poster acara. Dengan cara inilah, publik bisa lebih mengenal brand Anda.

Meski begitu, pilih acara yang tepat dan sesuai dengan target pasar Anda. Ini perlu diperhatikan karena orang akan menghubungkan brand dengan acara yang Anda sponsori dan membuat strategi sponsorship pun lebih maksimal.

3. Memaksimalkan konten dengan SEO

Penggunaan media blog jadi salah satu cara jitu dalam meningkatkan brand awareness. Untuk memaksimalkan konten yang Anda buat, Search Engine Optimization (SEO) bisa jadi solusinya.

Dengan langkah sederhana, seperti mencari kata kunci pencarian Google yang relevan dengan brand Anda, buatlah sebuah konten yang menarik dan menggunakan kata kunci tersebut.

Melalui cara ini, Anda bisa meningkatkan brand awareness, karena pembaca bisa dengan mudah menemukan konten Anda dan berkenalan dengan brand yang ditawarkan.

4. Jangan remehkan infografik

Dalam media sosial atau blog yang menjadi sarana promosi brand, semakin banyak konten yang dilihat orang, semakin tinggi brand awareness tercapai. Infografik jadi salah satu konten yang sangat menarik untuk dibagikan.

Infografik menawarkan ringkasan informasi dalam sebuah kemasan menarik, sehingga lebih mudah dicerna daripada artikel. Hal ini biasa disukai oleh konsumen yang tidak punya banyak waktu menyimak. Oleh karena itu, coba buat lebih banyak infografik untuk meningkatkan brand awareness.

5. Libatkan influencer

Pemengaruh atau influencer adalah pihak yang bisa diajak kerja sama, selain perusahaan besar dan ternama. Keberadaan mereka yang dikenal luas oleh khalayak di media sosial bisa menjadi sebuah pendorong bagi brand yang sedang dibangun.

Kembali kepada tujuan Anda, yakni meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai brand Anda. Kerja sama dengan para influencer dapat meningkatkan brand awareness. Bahkan, sangat mungkin untuk meningkatkan penjualan produk yang ingin dijual. Pilih influencer dengan audiens yang sesuai target pasar Anda, sehingga strategi brand awareness bisa lebih optimal.

6. Desain pengemasan yang unik

Bagi brand yang memiliki produk dengan kemasan, strategi ini menarik untuk diterapkan. Walau terkesan sederhana, namun desain pengemasan dapat dikenali sebelum khalayak mendapatkan pengalaman mencoba produk tersebut.

Oleh karena itu, daya tarik ini dapat menjadi poin penting dalam meraih brand awareness. Makin unik dan berkelas sebuah kemasan, makin menarik produk tersebut dan bisa meningkatkan brand awareness.

Selain itu, kemasan yang menarik bisa jadi sarana storytelling, meningkatkan loyalitas pelanggan, jadi salah satu jalan membesarkan nama produk, dan lain sebagainya.

7. Terus memperbarui informasi

Saat ini, banyak sekali sumber informasi yang dapat digunakan untuk memperbarui ilmu Anda terkait brand awareness. Dunia bisnis terus berkembang, begitu pula cara Anda mengelola bisnis juga harus terus berkembang.

Dunia internet juga menawarkan berbagai informasi gratis, seperti di YouTube, media berita online atau media lainnya. Namun, juga ada kursus-kursus yang siap memberikan berbagai ilmu baru dan terkini bagi Anda dalam hal meningkatkan brand awareness.

Itulah tadi tujuh cara meningkatkan brand awareness agar merek Anda bisa dikenali oleh konsumen. Semoga informasi ini bisa membantu.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal