Dukung UMKM, Garuda Indonesia Hadirkan Produk Lokal di 156 Penerbangan

Salah satu bentuk kolaborasi UMKM dan BUMN.

Dukung UMKM, Garuda Indonesia Hadirkan Produk Lokal di 156 Penerbangan
Ilustrasi Garuda Indonesia. Shutterstock/Cesc_Assawin
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mendukung promosi produk-produk lokal. Perusahaan menghadirkan sekitar 250 varian milik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di 156 rute penerbangan dari kota-kota besar Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan hal ini merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam mengembangkan sektor UMKM.

“Upaya kami untuk memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa dan bentuk apresiasi kami terhadap berbagai kreativitas anak bangsa,” ujarnya dalam keterangan, Jumat (27/1).

Beberapa produk UMKM yang dijual pada penerbangan Garuda Indonesia itu diantaranya adalah produk kuliner, fesyen dan retail, produk komestik, serta kerajinan tangan, dan berbagai jenis lain yang dihadirkan dari lebih 80 UMKM di sejumlah daerah.

Adapun, jenama-jenama yang ikut serta, antara lain adalah Bluder Cokro, Bohopanna (jenama fesyen bayi dan anak), Buttonscarves, Calla The Label, Zen Tableware, Thermos, Sweet Escape, Kanva,  Dendeng Aceh Maja, Keripik Sanjai Shirley, Sikok, Putri Bengkulu, Kemojo Kering, Masker Batik Reunceum, hingga Lapis Tugu Surabaya.

Kolaborasi BUMN dan UMKM

Shutterstock_eXpose

Inisiatif promosi produk lokal dan UMKM ini merupakan bentuk kolaborasi Garuda Indonesia, sebagai salah satu BUMN, bersama dengan seluruh pelaku UMKM untuk dapat mempromosikan dan memperkenalkan produk unggulannya melalui platform penerbangan Garuda Indonesia.

“Hadirnya produk lokal dan UMKM ini menjadi refleksi tersendiri atas demand pelaku sektor UMKM dan produk lokal atas platform promosional terhadap produk yang mereka pasarkan termasuk yang dijajaki bersama Garuda Indonesia,” kata Irfan.

Dorongan pemerintah

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Dirut Mandiri Darmawan Junaidi, dan Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat membuka Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Jumat (28/10). (Dok. BUMN).

Pada kesempatan terpisah, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan bahwa berbagai program kolaborasi antara BUMN dan UMKM tidak hanya membantu pendistribusian produk dan jasa UMKM kepada konsumen.

"Tetapi, terlebih meruntuhkan menara gading yang selama ini menjadi anggapan, bahwa BUMN sama sekali tidak tersentuh oleh rakyat. Sekaligus juga mencetak progres dalam perjalanan mewujudkan Indonesia yang merdeka, berdaulat," kata Erick Thohir dalam acara BRI Microfinance Outlook 2023, Kamis (26/1).

UMKM memiliki kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia danmenjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dari pemerintah dan pelaku usaha agar UMKM bisa terus berkembang.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M