Garuda Indonesia Dapat Predikat Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia

Jadi pemacu semangat Garuda Indonesia untuk lebih baik lagi.

Garuda Indonesia Dapat Predikat Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia
Shutterstock/Mas Jono
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia meraih posisi puncak sebagai ‘The Most Punctual Global Airline 2023’ dalam pemeringkatan yang dirilis oleh OAG Flightview, lembaga riset independent asal Inggris yang menilai kinerja tingkat ketepatan waktu maskapai dunia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan bentuk konsistensi maskapai penerbangan usai proses restrukturisasi.

“Kami percaya konsistensi terhadap kualitas layanan penerbangan merupakan fundamen utama yang perlu dijaga. Hal ini akan terus kami kedepankan sejalan dengan misi transformasi kinerja Perusahaan yang akan kami akselerasikan ke depannya,” kata Irfan dalam keterangan resmi yang diterima Fortune Indonesia, Kamis (12/1).

Menurut data Punctuality League 2023 OAG Flight View, Garuda Indonesia mencatatkan capaian tingkat ketepatan waktu sebesar 95,63 persen. Angka ini sekaligus mencatatkan capaian ketepatan waktu tertinggi yang pernah diraih perseroan pada pemeringkatan sebelumnya di tahun 2019, yang menempatkan Garuda Indonesia di posisi kedua.

Akselerasi kinerja ke depan

Garuda Indonesia. (dok. Garuda Indonesia)

Irfan mengatakan, penghargaan ini merupakan wujud optimisme bagi perusahaan untuk terus menghadirkan layanan penerbangan terbaik bagi masyarakat secara menyeluruh mulai dari aspek layanan, keamanan, hingga kualitas ketepatan waktu.

Hal ini terjadi bersamaan dengan upaya perusahaan dalam mengakselerasikan berbagai transformasi kinerja dan komitmen untuk menghadirkan konektivitas udara melalui layanan penerbangan yang aman dan nyaman. “Sejalan dengan filosofi layanan yang terus kami ke depankan, #BecauseYouMatter,” ujar Irfan.

Operational excellence

OAG Punctuality League 2023. (OAG Flightview)

Irafan berharap, pencapaian ketepatan waktu ini bisa terus dijaga dengan baik, bersamaan dengan momentum pemulihan industri pariwisata nasional. “Dengan berkoordinasi secara intensif serta mengoptimalkan lini layanan operasional bersama seluruh pemangku kepentingan, agar dapat selalu mengedepankan Operational Excellence terhadap seluruh pengguna jasa,” katanya.

Ia pun mengapresiasi seluruh pengguna jasa Garuda Indonesia yang turut berkontribusi atas berbagai pencapaian positif maskapai ini. Dalam rangkaian pre-flight, menurut Irfan, para pengguna jasa Garuda Indonesia selalu check-in dan boarding tepat waktu, sehingga kelancaran dan ketepatan jadwal penerbangan dapat dijaga.

Sekilas tentang pemeringkatan

10 besar maskapai penerbangan paling tepat waktu dunia 2022. (OAG Flightview).

Dalam laporannya, OAG Flightview menempatkan  Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan yang paling tepat waktu. "Meski pada 2022 hanya mengoperasikan 25 persen penerbangan yang mereka miliki pada 2019,” tulis laporan tersebut.

Menurut OAG, terdapat tujuh operator berbasis di Asia pada Top20, dan enam yang berbasis di Amerika Latin. Sementara, hanya satu maskapai penerbangan Amerika Serikat yang masuk Top20, yakni Delta Airlines di posisi ke-17 dan tidak ada satu pun maskapai Eropa yang masuk Top20.

Penilaian ketepatan waktu ini dinilai berdasarkan operasional penerbangan dunia, pada periode 1 Januari-31 Desember 2022. Analisis data ini mencakup 20 maskapai teratas di dunia, 20 maskapai Mega teratas, 20 maskapai penerbangan bertarif rendah teratas, dan 10 maskapai teratas berdasarkan wilayah.

Adapun indikator yang diterapkan dalam penilaian ini adalah sekitar 80 persen data status penerbangan dari seluruh jadwal penerbangan di setiap maskapai. Definisi kinerja tepat waktu OAG adalah penerbangan yang tiba atau berangkat dalam waktu 15 menit dari jadwal kedatangan atau keberangkatan mereka. Sementara, pembatalan termasuk dalam perhitungan ketepatan waktu dan dihitung sebagai penerbangan terlambat.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Laba PTRO Q1-2024 Amblas 94,4% Jadi US$163 Ribu, Ini Penyebabnya
Waspada IHSG Balik Arah ke Zona Merah Pascalibur
Laba Q1-2024 PTBA Menyusut 31,9 Persen Menjadi Rp790,9 Miliar
Laba Q1-2024 Antam Tergerus 85,66 Persen Menjadi Rp238,37 Miliar