Ide Merayakan Valentine Bagi Pemilik Usaha dengan Para Karyawan

Valentine bisa jadi momentum mengapresiasi para karyawan.

Ide Merayakan Valentine Bagi Pemilik Usaha dengan Para Karyawan
Ilustrasi hadiah/Pixabay
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Momentum hari kasih sayang atau Valentine's Day bisa dimanfaatkan para pemilik usaha untuk mencurahkan perhatian sekaligus memberikan apresiasi terhadap karyawan. 

Sebagai salah satu aset penting perusahaan, tidak ada salahnya pada momentum Valentine ini dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendekatkan hubungan antara pemilik usaha dan jajaran karyawan. 

Melansir cashlez.com, berikut sejumlah ide yang bisa dimanfaatkan para pemilik usaha untuk merayakan Hari Valentine.

Penggalangan dana

ilustrasi uang dari peluang bisnis valentine (unsplash.com/Omird Amin)

Valentine identik dengan kasih sayang bisa dimanfaatkan untuk melakukan aksi sosial, seperti penggalangan dana. Sebagai pemilik bisnis, cara ini bisa Anda lakukan dengan menggandeng partisipasi semua karyawan.

Seluruh dana yang terkumpul dapat disalurkan kepada masyarakat atau karyawan yang membutuhkan, ataupun lembaga seperti panti asuhan atau panti sosial.

Papan apresiasi

ilustrasi Hadiah Valentine Termewah untuk Pasangan (unsplash.com/icons8)

Cara ini adalah salah satu yang cukup sederhana, namun bermakna. Papan apresiasi adalah cara bagi setiap karyawan untuk bisa mengungkapkan apresiasinya kepada karyawan lain secara anonim, hal ini tentu bisa meningkatkan semangat dan dukungan antara satu dengan yang lain.

Namun, yang perlu diingat adalah upaya perusahaan mengkurasi berbagai ucapan yang disampaikan. Jangan sampai, ungkapan bernada negatif juga masuk dan membuat situasi antarkaryawan jadi kurang nyaman di kemudian hari.

Gathering

ilustrasi jam tangan couple (unsplash.com/Hunters Race)

Biasanya perusahaan memiliki satu waktu untuk melakukan gathering. Tidak ada salahnya, momentum ini disesuaikan dengan peringatan Hari Valentine. Pada kesempatan ini, perusahaan bisa meminta para staf untuk berkumpul dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama-sama, misalnya melalui makan bersama, games, atau pengambilan foto.

Dengan melakukan hal ini, keterikatan antarkaryawan tidak hanya terbentuk, namun juga bisa menjadi momentum bagi setiap karyawan untuk bisa berkeluh kesah kepada pimpinan, tanpa harus khawatir hirarki perusahaan.

Membagikan bingkisan

ilustrasi cokelat valentine (unsplash.com/Jessica Johnston)

Memberikan bingkisan bisa jadi opsi untuk merayakan Valentine bersama para karyawan. Banyak jenis isi yang bisa jadi pilihan untuk mengisi goodie bag, mulai dari kue coklat, alat elektronik, maupun uang tunai.

Prinsipnya, bisa mengikuti konsep bingkisan ulang tahun anak-anak. Cukup sederhana, namun menyenangkan bagi para penerima.

Apresiasi karyawan terbaik

ilustrasi wine mewah (unsplash.com/javier_balseiro)

Pemberian apresiasi bagi karyawan terbaik sudah biasa dilakukan oleh sebagian besar perusahaan. Namun, melakukannya bertepatan dengan Hari Valentine bisa jadi berbeda dan lebih bermakna.

Kelancaran bisnis Kamu tidak terlepas dari dukungan para staf. Maka dari itu, Kamu pun dapat menjadikan momen Valentine sebagai kesempatan untuk memberikan apresiasi terhadap staf terbaik. Apresiasi tersebut bisa dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan, misalnya seperti jumlah penjualan yang dilakukan ataupun voting.

Membuat kartu ucapan bagi para staf

ilustrasi boneka untuk valentine (unsplash.com/Sandy Millar)

Ini juga bisa menjadi cara sederhana namun bermakna besar bagi para karyawan. Perhatian dari pemimpin perusahaan bisa jadi sebuah penyemangat bagi kinerja para karyawan. Selain mudah, pemberian kartu ucapan ini juga tidak membutuhkan banyak biaya dan bisa dikerjakan secara cepat.

Ucapan terima kasih bisa diberikan secara personal, misalnya berdasarkan kontribusi atau pengalaman-pengalaman unik para karyawan yang berdampak baik bagi perusahaan.

Mendekorasi kantor atau tempat usaha

ilustrasi parcel valentine (unsplash.com/Chang Duong)

Tema Valentine bisa jadi pilihan dekorasi untuk membuat suasana berbeda di kantor atau tempat usaha. Namun, yang membedakan adalah pemilik usaha bisa melakukan dekorasi bersama-sama dengan karyawan.

Anda bisa membuat ruangan semarak menghiasnya dengan ornamen khas Valentine,  seperti balon berwarna pink dan pita. Penggunaan hiasan di meja dan kursi juga akan memperindah tampilan di tempat usaha. Bahkan, perusahaan pun bisa membeli beberapa dekorasi sehingga tempat Kamu menjadi instagrammable.

Demikianlah beberapa pilihan ide bagi para pelaku usaha untuk bisa merayakan Valentine bersama para karyawan. Selalu ingat, bahwa momentum indah dan positif bersama karyawan bisa menunjang kelancaran dan pertumbuhan bisnis.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
10 Kacamata Termahal di Dunia Lengkap dengan Harganya!
Dalam sebulan, 69 Pinjol Diganjar Sanksi Oleh OJK
Usai PHK Karyawan Tesla, Elon Musk Investasi Rp8 Triliun. Buat Apa?