5 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Saat Demam Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 punya daya tarik bagi pasar yang besar.

5 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Saat Demam Piala Dunia 2022
Ilustrasi Sejumlah Pemain Piala Dunia 2022/Fifa.com
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Piala Dunia 2022 di Qatar sudah dimulai. Ajang sepak bola empat tahunan ini tak hanya disambut antusias oleh para pecinta sepak bola untuk berkumpul dan nonton bersama, tetapi juga memunculkan beragam ide bisnis untuk meraih keuntungan.  

Melansir aspirasiku, event berkala seperti Piala Dunia bisa jadi salah satu kesempatan untuk menjajal pasar, atau menjual produk yang berhubungan dengan ajang olahraga tersebut.

Berikut ini, beberapa ide bisnis yang mungkin bisa menginspirasi Anda untuk dijadikan sumber pendapatan temporal di masa perhelatan Piala Dunia 2022.

Bisnis jersey

Ilustrasi jersey sepakbola. (Pixabay/KeithJJ)

Menjual  jersey atau seragam olahraga yang biasa dipakai tim negara-negara yang jadi peserta Piala Dunia 2022 bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Jersey kerap dipakai para fans untuk menonton pertandingan atau sekedar merepresentasikan kesukaan mereka pada tim tersebut. 

Demi efisiensi permodalan, Anda tak perlu mencetak jersey semua negara. Pilihlah tim-tim yang punya penggemar banyak, seperti Inggris, Spanyol, Belanda, Argentina, dan sebagainya.

Bisnis ini cukup menjanjikan, bahkan ketika acara Piala Dunia 2022 berakhir pun, bisnis ini bisa tetap berjalan. Kita bisa menjual jersey dalam bentuk polos, custom, hingga menjadi reseller dari supplier resminya.

Bisnis aksesoris

Ilustrasi supporter sepakbola di Piala Dunia 2018. (Pixabay/djedj)

Ada seragam tim, tentu ada juga aksesoris lain yang menarik terkait dengan negara-negara populer peserta Piala Dunia 2022. Aksesoris yang biasa diproduksi, bisa berupa kipas atau stiker. Perlu diperhatikan, kita bisa memproduksi sendiri dengan cara mencetak aneka produk tersebut di konveksi atau bertindak sebagai reseller.

Selain itu, kita juga bisa memikirkan untuk membuat alat-alat pendukung supporter, seperti balon tepuk, syal, topi, dan lainnya. Bahkan, dalam situasi pandemi, masker bisa jadi salah satu produk yang berpotensi laris dijual, pastinya dengan motif tim-tim Piala Dunia 2022.

Bisnis Mug, Tumbler, Botol

Ilustrasi Tumbler. (Unsplash/Andrew Neel)

Mash dalam kategori aksesoris Piala Dunia,  menjual mug, Tumblr, atau botol bisa menjadi ide bisnis menguntungkan yang bisa Anda pasarkan selama momentum Piala Dunia berlangsung.

Proudk ini bahkan, masih tetap bisa digunakan meski acara Piala Dunia sudah rampung. Jadi, tempat minum ini bisa digunakan dalam keseharian dan menunjukkan kebanggan pemiliknya terhadap tim kesayangannya yang tampil di Piala Dunia 2022.

Bisnis nonton bareng (Nobar)

Ilustrasi nonton sepak bola. (Pixabay/JESHOOTS-com )

Modal bisnis ini cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan jaringan koneksi internet, proyektor, dan tempat. Namun, seiring perkembangan regulasi media, tentu harus diingat, bahwa untuk mengadakan nobar ini secara komersial, penyelenggara wajib untuk mengajukan izin kepada pemegang hak siar Piala Dunia 2022, yakni PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK), pemilik sub-holding Surya Citra Media (SCM).

Anda perlu berhati-hati bila memang berencana menjalani bisnis ini. Acara nobar termasuk dalam pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual dan terancam denda maksimal Rp1 miliar jika tidak memiliki izin.

Bisnis makanan dan minuman

ilustrasi jualan makanan ringan (unsplash.com/Zhu Hongzhi)

Nonton bareng akan kurang seru tanpa ada makanan dan minuman yang mendampingi hingar-bingar dukungan pada tim kesayangan di Piala Dunia. Oleh karena itu, bisnis di sektor ini akan sangat potensial mendatangkan keuntungan bila dipersiapkan secara matang.

Selain itu, bisnis makanan dan minuman sendiri merupakan bagian dari kebutuhan dasar hidup manusia, sehingga hampir bisa dipastikan bisnis ini akan berjalan baik, minimal dalam penyediaan makanan kecil, seperti kacang atau biskuit dan sosis.

Itu tadi lima ide bisnis Piala Dunia 2022 yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga menginspirasi dan bisa memberikan hasil yang menjanjikan. Selamat mencoba. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Lima Anak Bernard Arnault Jadi Direksi, Penerus LVMH Diragukan
Daftar Produk Paling Laris Dibeli di Tokopedia dan Tiktok Saat Ramadan
Pelaku Usaha dan UMKM Kini Bisa Daftar Sertifikasi Halal Lewat Shopee
Rupiah Tertekan ke Rp16.217 per US$ Usai Data PDB AA Dirilis
Peluang Rebound IHSG Terbuka, Didukung Kebijakan Suku Bunga