Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta yang Harus Diketahui

Wirausaha dan wiraswasta sama-sama mencerminkan kemandirian.

Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta yang Harus Diketahui
ilustrasi industri kreatif (unsplash.com/ Bench Accounting)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menghadapi kondisi ekonomi yang kian menantang, masyarakat semakin dituntut untuk bisa semakin kreatif dalam menghasilkan pendapatan. Istilah wirausaha pun semakin dikenal, namun tahukah Anda, jika istilah ini berbeda dengan wiraswasta?

Menurut berbagai sumber, terdapat beberapa pengertian tentang wirausaha. Salah satunya, adalah bentuk kemampuan seseorang dalam mengelolah kreativitas menjadi suatu inovasi dengan jeli, sebagai satu peluang usaha atau bisnis; seseorang yang memiliki suatu peran dan tanggung jawab terhadap tantangan serta kemampuan untuk dapat memanfaatkan suatu peluang; serta kemampuan seseorang untuk mengelola suatu usaha yang ia jalankan. 

Sedangkan, wiraswasta diartikan sebagai berikut: jenis pekerjaan ataupun seseorang yang melakukan pekerjaan dengan mandiri serta tidak ditentukan oleh atasan, sebab seorang wiraswasta tidak memiliki atasan; kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh kelompok ataupun seseorang yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi suatu produk serta memberikan kepuasan baru secara lebih pada pelanggan.

Kesimpulan pengertian

Ilustrasi Work from Everywhere. (Shutterstock/AYA Images)

Dari rangkuman pengertian kedua istilah tersebut, maka wirausaha dapat disimpulkan sebagai seseorang yang memiliki kesiapan, keberanian dan pemikiran untuk menjalankan sebuah usaha yang dapat mempengaruhi dirinya sendiri dan bahkan lingkungan sekitarnya.

Sedangkan, wiraswasta bisa didefinisikan sebagai orang yang memiliki keberanian dalam berpikir, bersikap maupun bertindak untuk menciptakan berbagai macam lapangan pekerjaan serta menjalani karir yang mandiri. Walau tidak banyak yang tahu, sebenarnya istilah wiraswasta lebih dulu muncul pada tahun 70-an.

Dalam perjalanannya, orang yang memiliki usaha sendiri kemudian lebih populer dikenal sebagai wirausaha, sedangkan wiraswasta mengalami pergeseran. Meski begitu, keduanya masih memiliki perbedaan yang cukup siginifikan.

Indikator perbedaan

Pekerja menyelesaikan proses pembuatan pakaian di rumah produksi Throwback, Kampung Warung Bandung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (1/9/2021) ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/rwa.

Untuk membedakan kedua istilah ini maka wiraswasta dan wirausaha bisa dilihat dari beberapa indikator. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Fokus usaha
    Wiraswasta biasanya berfokus pada usaha paruh waktu, dan memiliki sumber pemasukan lain yang dijadukan tumpuan. Sedangkan, wirausaha menjalankan usahanya dengan seluruh waktu yang dimiliki untuk menjalankan usaha yang dibangunnya sendiri.
  2. Kepemilikan aset
    Indikator ini berkaitan dengan modal usaha dan peran yang dijalankan dalam usaha tersebut. Wiraswasta biasanya memiliki aset sendiri, misalnya sebagai investor atau pemilik modal. Sementara wirausaha juga dapat melekat pada sesorang yang hanya terlibat secara operasional saja.
  3. Lingkup bisnis
    Seorang wirausaha biasanya memiliki lingkup yang lebih luas, mengingat waktunya yang digunakan secara penuh untuk fokus pada bisnis yang dijalankan. Sedangkan, wiraswasta biasanya hanya fokus pada satu lingkup usaha semata, karena keterbatasan waktu yang ia miliki.
  4. Rencana ke depan
    Wirausaha biasanya lebih mencari peluang dalam mengembangkan bisnisnya, mengingat fokusnya yang penuh ke usaha yang dijalankan. Sedangkan wiraswasta punya pemikiran yang lebih terbatas dengan target jangka pendek, seperti hanya untuk memiliki pemasukan tambahan.
  5. Pola pikir
    Seorang wirausaha membuka sebuah usaha baru secara mandiri. Mereka bisa melihat beberapa peluang yang dapat ia manfaatkan, sehingga ia akan mendapatkan profit dari peluang tersebut. Sedangkan, wiraswasta memiliki pola pikir bahwa hanya dengan meneruskan sebuah konsep yang telah ada, ia dapat memperoleh profit yang lebih besar.

Inilah perbedaan umum antara wirausaha dan wiraswasta. Walau berbeda, namun keduanya mencerminkan semuah semangat kemandirian yang baik. Jadi, kini tinggal pilihan kita saja, mau menjadi seorang wiraswasta atau wirausaha.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Saham Anjlok, Problem Starbucks Tak Hanya Aksi Boikot
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M