Inilah 5 Aplikasi yang Bantu Menaikkan Produktivitas Kerja

Aplikasi akan memudahkan dan mengoptimalkan kinerja Anda.

Inilah 5 Aplikasi yang Bantu Menaikkan Produktivitas Kerja
Piqsels
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perkembangan teknologi–misalnya dalam pembuatan aplikasi dan pemrograman–sudah semestinya memberikan manfaat dan kemudahan bagi hidup manusia, seperti dalam hal pekerjaan. Efisiensi dan efektivitas tentu jadi pertimbangan penting untuk meningkatkan produktivitas.

Namun, karena begitu banyaknya aplikasi yang bermunculan, kadang sulit bagi kita untuk menemukan beberapa yang tepat untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Fortune Indonesia coba mengulas 5 aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas kinerja Anda seperti dilansir dari berbagai sumber. 

1. Aplikasi Office

Ilustrasi office. (Pixabay/Pixaline)

Anda tentu sudah tak asing mendengar aplikasi yang satu ini. Bisa dikatakan, aplikasi ini wajib dimiliki saat bekerja dengan menggunakan laptop atau perangkat mobile. Aplikasi ini disukai karena mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur menarik yang cocok untuk menghemat waktu kerja mulai untuk menulis, membuat pembukuan, hingga merancang presentasi kerja.

Dalam perkembangannya, saat ini aplikasi office sudah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda dan rekan kerja untuk melakukan editing pada waktu bersamaan dalam dokumen yang sama, meski pada lokasi dan gawai yang berbeda. Tentunya dalam mengoneksikan pekerjaan ini, perlu dilengkapi dengan sambungan jaringan internet.

Aplikasi ini seringkali jadi pilihan utama para pegawai kantoran, mahasiswa, dan siapapun yang berkutat dalam bidang penulisan dokumen, korespondensi atau surat-menyurat dan lain sebagainya. Tak hanya untuk sistem Windows dan Mac, aplikasi ini juga tersedia bagi perangkat berbasis Android dan IOS.

2. Evernote

Ilustrasi Evernote. (Evernote.com)

Aplikasi berikutnya adalah Evernote yang patut Anda pertimbangkan untuk efisiensi waktu kerja. Melalui aplikasi ini, Anda dapat menulis catatan apapun dan membagikannya kepada rekan kerja. Anda juga dapat mengatur dokumen-dokumen penting untuk disimpan dan terkodumentasi secara rapih.

Tidak hanya itu, semua catatan dan dokumen yang tersimpan di server Evernote, juga dapat terintegrasi dengan berbagai perangkat yang menggunakan aplikasi Evernote, baik desktop, laptop, maupun smartphone. Aplikasi tersedia tidak hanya untuk Android dan IOS, namun juga Windows dan mac OS.

3. Lua

PDF Converter. (techgameworld.com)

Aplikasi Lua memungkinkan Anda untuk mengubah file PDF ke Word dengan mudah, begitu juga sebaliknya. Selain itu, aplikasi yang dapat diunduh gratis ini dapat membantu untuk mengimpor berbagai file yang akan diubah dari perangkat lunak lainnya, seperti Dropbox, Google Drive, Galeri, File Manager dan lainnya.

Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat lunak Word Processing atau servis penyimpanan cloud dan lain sebagainya. File-file ini dapat diimpor dengan dua cara, yaitu dari program lain dengan membuka file-file ini dengan bantuan Lua, dan dengan mengklik opsi "Upload" secara langsung dari aplikasi Lua.

4. Trello

Tampilan Trello. (Trello.com)

Jika Anda seringkali bekerja dalam tim, aplikasi Trello sangat cocok. Anda bersama sejumlah rekan lainnya dapat bekerja bersama-sama tanpa perlu terikat lokasi kerja. Dengan aplikasi ini, tim Anda bisa melakukan manajemen proyek, menentukan prioritas kerja, bahkan dapat melihat apa yang sedang dikerjakan rekan Anda secara online.

Menariknya, masing-masing pengguna dalam tim yang ikut serta dalam aplikasi Trello, bisa menambahkan sejumlah informasi, memberikan tanggapan dan komentar serta mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan dari laptop atau PC komputer, Dropbox hingga Google Drive.

Selain mudah untuk digunakan, aplikasi Trello juga menawarkan tampilan visual yang memikat sehingga bekerja secara berkelompok terasa lebih menyenangkan.

5. LastPass

Tampilan LastPass. (LastPass.com)

LastPass adalah aplikasi yang unik yang berguna untuk menyimpan berbagai kata sandi yang sudah dibuat. Hal ini akan membantu Anda supaya tidak mudah lupa berbagai kata sandi yang Anda buat. Kata sandi yang Anda simpan pada aplikasi ini akan segera tersimpan pada cloud yang dikelola oleh server LastPass. Anda juga bisa mengakses aplikasi ini dari seluruh perangkat telepon atau komputer.

Aplikasi wajib dipertimbangkan jika Anda termasuk orang yang mudah lupa berbagai kata sandi yang pernah dibuat. Menjadi krusial, apabila kata sandi ini terkait dengan pekerjaan yang kita jalani setiap harinya. Dengan aplikasi ini, kini Anda tidak perlu lagi mengingat kata sandi saat ingin melakukan login pada sebuah platform.

Demikian ulasan singkat 5 aplikasi yang dapat membantu pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga produktivitas kinerja terus meningkat. Selain memudahkan, berbagai aplikasi ini pun dapat membuat kita lebih banyak lagi punya waktu luang untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M