Siap Layani Penumpang, Jalur KA Maros-Barru Beroperasi Oktober 2022

Jalur ini membentang sepanjang 71 km.

Siap Layani Penumpang, Jalur KA Maros-Barru Beroperasi Oktober 2022
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (dok.Kemenhub)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek Kereta Api (KA) Sulawesi Selatan. Jalur KA Maros-Barru sepanjang 71 kilometer (km) ditargetkan mulai beroperasi pada Oktober 2022.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengatakan jalur Maros-Barru akan melewati delapan stasiun.

“Setelah dua tahun pandemi, ternyata perkembangan dari pembangunan proyek ini sangat signifikan,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Selasa (31/5).

Dalam tinjauannya ke salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini, Menhub menggunakan kereta inspeksi menuju Stasiun Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru. Salah satu stasiun yang didatangi adalah Stasiun Tenate Rilau.

Pentingnya jalur Maros-Barru

Ilustrasi kereta api. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Jalur Maros-Barru adalah salah satu dari tiga target utama segmen proyek KA Makassar-Parepare. Setelah beroperasi, jalur tersebut akan melayani penumpang perintis sekaligus akan difungsikan sebagai kereta wisata di Sulawesi Selatan.

Menhub menyebutkan, salah satu wilayah wisata yang potensial terletak di daerah Kabupaten Barru dan desa wisata Rammang-Rammang. “Saya mendorong Pemda bersama stakeholder pariwisata (untuk) mengembangkan wisata di sini, mulai dari kulinernya, juga pemandangan gubung, sawah, dan laut yang indah,” ujarnya.

Target pembangunan lainnya

ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.

Adapun target berikutnya yang akan diselesaikan adalah jalur KA yang menghubungkan ke Pelabuhan Garongkong dan pabrik semen Tonasa (Maros-Pangkep-Barru) Jalur ini nantinya akan melayani angkutan logistik dan ditargetkan selesai pada Maret 2023. Diharapkan, jalur ini akan mampu menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di Sulawesi Selatan.

Target ketiga, yakni lanjutan pembangunan jalur KA dari Barru-Pallanro, sehingga jalur KA ini akan bertambah sampai 110 km. Jalur ini membentang dari Stasiun Mandai Makassar hingga ke Stasiun Pallanro dan targetnya siap beroperasi pada tahun 2024.

Pemprov Sulsel mengapresiasi

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan reaktivasi jalur lintas Kereta Api Cibatu-Garut setelah sekitar 40 tahun tidak beroperasi. ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Pembangunan jalur KA ini diapresiasi oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Menurutnya, pemerintah pusat terus berkomitmen untuk membangun berbagai PSN, sehingga pengembangan kawasan dan pertumbuhan ekonomi baru. 

Andi mengatakan, pihaknya akan terus mendukung PSN bersama Pemerintah pusat, baik dalam pembebasan lahan, pengembangan destinasi wisata, dan lainnya. “Ini suatu terobosan dari pemerintahan Presiden Jokowi melalui pak Menhub. Ini menjadi kereta pertama di Indonesia timur. Mudah-mudahan peninggalan ini dapat memudahkan pergerakan masyarakat Sulsel,” katanya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Saham Anjlok, Problem Starbucks Tak Hanya Aksi Boikot
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M