Kemenperin Dampingi IKM Guna Hasilkan Produk Sesuai Kebutuhan K/L

Tercatat 14.125 IKM sudah merambah marketplace.

Kemenperin Dampingi IKM Guna Hasilkan Produk Sesuai Kebutuhan K/L
Perajin memproduksi kerajinan dari rotan di Sentra Rotan, Jakarta, Kamis (14/10/2021). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah menargetkan produk industri Kecil Menengah (IKM) dapat memenuhi standar kebutuhan Kementerian/Lembaga (K/L). Untuk itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertugas untuk mendampingi pera pelaku usaha, agar pertumbuhan IKM selaras dengan anggaran pemerintah pusat, daerah, maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Jenderal IKM dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita, mengatakan pendampingan ini dibutuhkan agar produk yang dihasilkan berdaya saing, berkualitas, dan dapat memenuhi kuantitas yang dibutuhkan, baik oleh pasar maupun pemerintah.

“Tugas kami adalah bagaimana pelatihan kami terhadap permasalahan IKM, yakni akses bahan baku, akses teknologi, akses komptensi, SDM-nya, termasuk pembiayaan, dan juga pemasarannya,“ ujar Reni dalam FMB9, Senin (20/6). “Jangan sampai K/L belanja di IKM A, lalu tahun depan IKM tersebut sudah tidak berproduksi.”

Mendorong IKM masuk rantai pasok industri besar

Pengrajin Tenun di Rumah Tenun Baku Peduli, Manggarai Labuan Baju NTT/Fortune Indonesia/Suheriadi

Keberlanjutan IKM yang menjadi fokus perhatian pemerintah, terutama pada masa pemulihan ekonomi saat ini. Alhasil,  program pendampingan ini diharapkan dapat mendorong  pelaku pasar dalam menyesuaikan bisnisnya dalam rantai pasok industri besar.

“Kami mendorong IKM masuk supply chain industri besar, sehingga apa yang dibutuhkan industri besar maupun sektor ekonomi lain, komponennya itu bisa dihasilkan IKM,” kata Reni. 

22.515 IKM sudah melek digital

Sejumlah peserta mengikuti pelatihan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) era digital di Banda Aceh, Aceh, Minggu (31/10/2021). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas./hp.

Reni juga menyebutkan, saat ini ada 22.515 IKM sudah terliterasi teknologi digital. “Dan yang sudah on boarding ada 14.125 IKM dengan kami menggandeng beberapa marketplace,” katanya.

Melalui program e-Smart IKM yang sudah diluncrukan sejak 2017, Kementerian berupaya meningkatkan literasi digital pelaku IKM. Program inni mencakup peningkatan literasi digital, pemasaran, sampai penyajian produk IKM secara digital. “Karena, memang tuntutan kita adalah bagaimana menjangkau pasar yang lebih luas,” ujarnya.

Sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), pada 2023, pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta IKM harus sudah on boarding di marketplace. Saat ini, di Indonesia sendiri tercatat terdapat sekitar 11,7 juta IKM.

Kebijakan material center

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Tangkapan layar)

Pemerintah terus mengakselerasi penguatan kepada IKM dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kebijakan material center pun diterapkan, terkait dengan penyelesaian isu pemenuhan pasokan bahan baku, seperti bahan baku berspesifikasi khusus, penjadwalan logistik, harga bahan baku, sampai jumlah minimal pemesanan yang seringkali sulit dipenuhi oleh IKM.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan bahwa IKM merupakan bagian penting yang menggerakkan perekonomian nasional. “Kebijakan pembangunan material center merupakan salah satu wujud keberpihakan pemerintah untuk menjamin ketersediaan bahan baku dan bahan penolong bagi IKM,” ujarnya dalam sebuah webinar G20.

Related Topics

IKMKemenperin

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Lima Anak Bernard Arnault Jadi Direksi, Penerus LVMH Diragukan
Daftar Produk Paling Laris Dibeli di Tokopedia dan Tiktok Saat Ramadan
Pelaku Usaha dan UMKM Kini Bisa Daftar Sertifikasi Halal Lewat Shopee
Peringatan Bank Dunia: Harga Minyak Global Bakal Naik ke US$100
Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya