Jenis-jenis Istilah Dalam Dunia Kerja yang Wajib Diketahui Karyawan

Istilah ini mempermudah komunikasi antar karyawan.

Jenis-jenis Istilah Dalam Dunia Kerja yang Wajib Diketahui Karyawan
ilustrasi kantor BUMS (unsplash.com/Alex Kotliarskyi)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dunia kerja akan selalu berkembang dan semakin hadir dengan ragam jenis pekerjaan yang terus bertambah. Namun, terdapat banyak pembaruan yang harus diketahui oleh para penari kerja, seiring dengan berjalannya waktu. Salah satu yang sederhana tapi penting untuk diketahui adalah adanya singkatan atau istilah yang biasanya digunakan dalam dunia kerja.

Mungkin beberapa istilah ini sudah lazim Anda dengar dan digunakan dalam perbincangan sehari-hari di pesan singkat atau email.

Untuk lebih memahami dan menghindari terjadinya salah paham dalam komunikasi dunia kerja, melansir topkarir.com, berikut ulasan singkat mengenai beberapa istilah singkatan yang kerap digunakan dalam dunia kerja.

WFH

Istilah ini mulai banyak dikenal dan diterapkan saat pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. Meski seluruh kegiatan perkantoran dihentikan karena lock down, namun perusahaan masih tetap dapat beroperasi dengan menerapkan bekerja dari rumah masing-masing.

WFH adalah singkatan dari Work From Home. Seiring waktu berjalan, pandemi mulai mereda, namun WFH masih digunakan sebagai penyesuaian dari situasi yang ada, terutama dengan mengombinasikannya dengan bekerja dari kantor atau Work From Office (WFO).

WFO

Berbeda dengan istilah sebelumnya, WFO merujuk pada kebalikan dari WFH, yakni bekerja dari kantor (work form office) sebagaimana biasanya, sebelum masa pandemi.

Istilah ini makin banyak digunakan untuk menunjukkan dari mana seorang karyawan bisa bekerja. Melihat perkembangannya, tampaknya istilah ini nantinya akan terus digunakan dalam dunia kerja.

FYI

FYI adalah singkatan dari For Your Information, yang kerap digunakan dalam dunia kerja pada saat ingin memberikan informasi kepada pihak lain. Istilah ini tak hanya populer dalam dunia kerja, namun dalam perkembangannya juga kerap digunakan dalam komunikasi masyarakat secara umum.

TBC

Istilah ini bukan mengacu pada nama penyakit, TBC dalam dunia kerja berarti To Be Confirmed, yang sering digunakan untuk menjelaskan kepada orang lain bahwa sesuatu masih akan dikonfirmasi lebih lanjut.

Dengan demikian, informasi yang sebelumnya diberikan masih bersifat tentatif dan masih menunggu konfirmasi berikutnya.

TBA

Seperti halnya TBC, TBA juga berkaitan dengan informasi yang baru disampaikan, dan menunjukkan bahwa pengumuman lebih lanjut akan segera disampaikan. Oleh sebab itu, TBA adalak kependekan dari To Be Announced.

TBD

Istilah ini adalah singkatan dari To Be Discussed yang sering digunakan untuk menunjukkan bahwa perihal dari yang dibicarakan (dalam email atau lembaran pemberitahuan) harus didiskusikan kembali kelanjutannya.

PFA

Istilah ini biasanya disertakan dalam surat elektronik untuk memberitahu penerima surat, bahwa ada lampiran yang terkandung dalam email. PFA adalah singkatan dari Please Find Attach dan terdapat dalam body email.

OT

Istilah ini merujuk pada istilah Over Time yang berarti lembur. Biasanya, singkatan ini digunakan untuk menjelaskan berapa lama waktu lembur yang diambil oleh seorang pekerja.

FYNA

FYNA adalah singkatan dari For Your Next Action yang biasanya digunakan saat sebuah instruksi diberikan dan mendeskripsikan tindakan selanjutnya yang bisa dilakukan. Istilah ini biasanya digunakan dalam waktu kerja dan berkaitan dengan penugasan tertentu.

MoM

Minutes of Meeting, itulah kepanjangannya. Hal ini merujuk kepada hal yang dibicarakan dalam suatu rapat, biasanya istilah ini merupakan istilah untuk menggambarkan hal yang harus ditulis ataupun hal penting apa saja yang harus ditulis pada saat rapat berlangsung.

KPI

Singkatan ini berarti Key Performance Indicators dan menjadi sebuah acuan penilaian kinerja seorang karyawan di sebuah perusahaan. Tak hanya berguna bagi penilaian atasan kepada bawahannya, namun KPI juga dibutuhkan seorang karyawan untuk bisa melangkah ke jenjang selanjutnya dalam pekerjaan yang ia jalani. KPI sendiri memiliki arti pekerjaan yang telah ditetapkan pada awal tahun dan wajib dicapai oleh seorang karyawan.

Demikianlah beberapa istilah berupa singkatan yang sering digunakan dalam dunia kerja. Semoga ulasan ini berguna dan memberikan pencerahaan bagi pembaca. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI